Inisiasi Kultur Jaringan adalah Tahapan Memperbanyak Tanaman


Kultur jaringan adalah suatu teknik budidaya atau memperbanyak jenis tanaman dengan cara vegetatif, yaitu dengan mengisolasi bagian-bagian tanaman yang kemudian dipindah dan ditumbuhkan dalam media buatan aseptik. Sementara inisiasi kultur jaringan adalah salah satu tahap dalam proses perbanyakan tanaman tersebut.

Kultur Jaringan

Kultur jaringan marak dilakukan karena memiliki kelebihan tersendiri, yaitu:

• Jenis tanaman yang dihasilkan bisa seragam.
• Prosesnya bisa dilakukan kapan saja (tidak tergantung musim).
• Tidak membutuhkan lahan yang luas.
• Perbanyakan bibit dengan kultur jaringan relatif lebih singkat.

Teknik kultur jaringan ini juga memiliki kekurangan. Cukup besarnya biaya yang harus dikeluarkan adalah satu kekurangannya. Kelemahan lain adalah perlunya keahlian khusus untuk melakukan teknik ini, sehingga tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik.

Selain inisiasi, ada beberapa proses yang harus dilalui dalam teknik kultur jaringan. Berikut tahapannya:

• Pembuatan media

Bahan media yang menjadi tempat tumbuh bibit harus sesuai dengan jenis tanaman yang akan dibudidayakan, namun semua media biasanya mengandung  pengatur hormon, vitamin, dan garam mineral. Nantinya media ini akan ditempatkan di botol atau tabung kaca.

• Inisiasi

Inisiasi adalah proses pengambilan eksplan bagian tanaman, biasanya yang diambil adalah bagian tunas.

• Sterilisasi

Seluruh peralatan sebaiknya dalam keadaan steril agar tunas yang dikulturkan bisa tumbuh dengan baik dan optimal.

• Multiplikasi

Setelah kultur eksplan didapat, maka selanjutnya adalah memperbanyak calon tanaman dari eksplan tersebut dan ditanam pada media, inilah yang disebut multiplikasi. Setelah itu barulah media berisi calon tanaman disimpan pada rak-rak khusus dalam ruang aseptik (steril dengan suhu kamar).

• Pengakaran

Pengakaran berarti proses tumbuhnya akar pada eksplan yang ditanam pada media. Pada tahap ini perlu dilakukan pengamatan secara berkala.

• Aklimatisasi

Ini adalah proses pemindahan eksplan dari ruang aseptik ke lingkungan eksternal. Bibit dari kultur jaringan ini sangat rentan, sehingga saat dikeluarkan harus dilindungi dengan sungkup. Setelah bisa beradaptasi, barulah sungkup dilepas dan bibit tersebut bisa dibiakkan seperti tanaman lainnya.

Dari uraian tersebut, kita bisa mengetahui bahwa inisiasi kultur jaringan adalah satu dari sekian banyak tahapan dalam memperbanyak tanaman. Proses inisiasi, termasuk tahapan lainnya, tidaklah semudah yang dibayangkan karena benar-benar memerlukan keahlian serta pengetahuan khusus untuk mendapatkan hasil maksimal.

Selanjutnya : Cara Mengurangi Rambut Kering Secara Alami
Sebelumnya: Indonesia Kurang dalam Menjaga Tarian Tradisional
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar