Kuliah di Institut Pertanian Bogor


Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, para pelajar kembali dihadapkan dengan banyak pilihan, terutama dalam menentukan Perguruan Tinggi Negeri dan jurusannya. Memilih perguruan tinggi memang bukan perkara mudah. Padahal, untuk dapat memperoleh gelar sarjana, pelajar-pelajar lulusan SMA tersebut harus melewati fase ini. Sebenarnya, di Indonesia terdapat banyak sekali perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang dapat dijadikan pilihan. Salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi favorit adalah Institut Pertanian Bogor (IPB).

Sesuai dengan namanya, IPB termasuk perguruan tinggi negeri yang mempelajari banyak hal di bidang pertanian dan terletak di Bogor. Mulanya, IPB tergabung dengan Universitas Indonesia, namun pada 1963 memutuskan untuk mendirikan universitas sendiri. Hingga saat ini IPB masih meraih akreditasi A berdasarkan penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

IPB memiliki 9 fakultas dan 1 program diploma. Meskipun nama universitas ini mengandung kata ‘pertanian’, namun jenis fakultas di dalamnya sangat beragam, seperti kedokteran hewan, perikanan dan ilmu kelautan, peternakan, MIPA, manajemen, dan masih banyak lagi. Beragamnya pilihan ini semakin memudahkan Anda dalam memilih jurusan sesuai dengan bakat dan minat yang Anda miliki.

Jalur masuk IPB dapat dilakukan dengan mengikuti seleksi SBMPTN dari jalur tulis maupun undangan. Selain itu, IPB juga menyediakan seleksi masuk mandiri. Pertimbangan yang harus Anda cermati sebelum menjalani tes masuk adalah peluang jurusan yang Anda minati dan tingkat pesaingnya. Semakin favorit jurusan yang Anda pilih, persaingan yang Anda alami akan semakin ketat.

Jika Anda takut perihal biaya yang harus dibayar setelah Anda resmi menjadi mahasiswa IPB, Anda bisa mulai mencari beasiswa IPB yang banyak tersebar. Jenis beasiswa yang tersedia sangat beragam, mulai dari beasiswa bantuan pendidikan hingga beasiswa untuk mahasiswa berprestasi. Semakin Anda membuka diri dan tidak berhenti mencari-cari informasi, peluang memperoleh beasiswa pun dapat dengan mudah diperoleh.

Bagi Anda yang masih kebingungan mencari tempat kuliah dan tertarik dengan hal-hal menyangkut pertanian, tidak ada salahnya untuk mencoba seleksi masuk Institut Pertanian Bogor. Kesuksesan memang tidak sepenuhnya ditentukan oleh universitas, tetapi kemauan dan kerja keras pribadi masing-masing.

Selanjutnya : Cara Membuka Blog Orang Lain
Sebelumnya: Cara Menjadi Photographer Profesional
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar