Mengetahui Rumus Integral Turunan Substitusi

Terdapat banyak operasi-operasi yang saling berkebalikan dalam ilmu matematika. Misalnya fungsi perkalian dan fungsi pembagian, fungsi penambahan dan fungsi pengurangan, dan fungsi pemangkatan dan fungsi penarikan akar. Integral turunan substitusi merupakan salah satu bagian dari operasi anti turunan atau operasi pengintegralan yang kebalikan dari operasi turunan.

Penerapan integral di dalam kehidupan sehari-hari amat luas, baik dipergunakan di bidang bisnis ekonomi, ilmu alam, maupun di bidang ilmu sosial. Dalam bidang bisnis dan ekonomi, penerapan integral di antaranya berfungsi guna menentukan dan merumuskan persamaan harga dan permintaan, persamaan penawaran dan harga, untuk menetapkan fungsi biaya, serta menetapkan fungsi pendapatan.

Metode Substitusi

Integral merupakan suatu konsep yang sangat penting dan bermanfaat. Kegunaan dari integral sangat penting untuk berbagai bidang. Seperti bidang ekonomi, permodelan dalam biologi, bidang astronomi, bidang fisika, serta bidang kimia.

Pada prinsipnya, terdapat dua cara untuk memandang integral yaitu integral antiturunan dan integral yang dipandang sebagai jumlah riemann. Integral antiturunan sudah kita pelajari seperti penjumlahan dengan pengurangan. Pembagian merupakan antiturunan atau kebalikan dari perkalian.

Untuk mengetahui rumus integral turunan substitusi sebelumnya harus mengetahui cara penghitungan integral tentu. Saat melakukan penghitungan integral tentu, kita harus melakukan dua proses, yaitu pertama mencari suatu integral taktentu, lalu menerapkan teorema dasar kalkulusnya.

Namun, tak jarang kita tidak bisa menentukan hasil pengintegralan taktentu dengan langsung. Ini dikarenakan pengintegralan taktentu lumayan rumit. Oleh karena itu, perlu suatu cara khusus agar integral taktentunya bisa kita dapatkan dengan mudah.

Rumus Integral Substitusi

Integral substitusi adalah suatu cara menyelesaikan integral dengan cara pemisalan substitusi dalam suatu variabel yang berguna untuk memudahkan pengerjaan. Bentuk pokok rumusnya adalah sebagai berikut.

integral turunan substitusi 1

Selanjutnya rumus integral substitusi trigonometri.

integral turunan substitusi 2

dapat diselesaikan dengan substitusi x = a sin t atau x = a cos t

integral turunan substitusi 3

dapat diselesaikan dengan substitusi x = a tg t

Demikian ulasan mengenai rumus integral turunan substibusi tersebut. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca.

Selanjutnya : Siapa Saja yang Menjadi Stakeholder di Sekolah?
Sebelumnya: Artikel tentang Penyakit Batu Ginjal Serta Tujuan, Fakta-fakta Unik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...