Interaksi Sosial Pengamen Jalanan

Sudah tidak menjadi pemandangan yang asing lagi bagi kita melihat pengamen jalanan yang semakin merajalela di Indonesia ini. Semakin hari, pengamen jalanan semakin bertambah. Bahkan, ada yang menjadikan mengamen sebagai mata pencaharian pokok mereka.

Pengamen jalanan kadang ada yang berlaku sopan saat meminta imbalan atas suara yang ia persembahkan untuk kita. Namun, ada juga yang agak sedikit memaksa agar diberi uang. Untuk itu, interaksi sosial pengamen jalanan juga menjadi perhatian tersendiri untuk kita, apakah kita akan memberi imbalan atau banyak.

Loading...

Interaksi sosial sendiri mempunyai arti hubungan sosial yang terjadi antarindividu, individu dengan suatu kelompok, maupun antarkelompok. Interaksi sosial ini terjadi dari kontak sosial atau bisa juga disebut dengan komunikasi sosial.  Jadi, dapat dikatakan bahwa interaksi sosial yang biasa dilakukan oleh pengamen jalanan adalah cara dia untuk meminta imbalan atas lagu yang ia nyanyikan.

Seharusnya, para pengamen bisa bersikap lebih sopan kepada para orang yang menikmati lagu yang mereka nyanyikan. Lagu yang mereka pilih seharusnya juga tepat atau sesuai dengan keadaan di mana mereka mengamen. Para pengamen memang harus memiliki interaksi sosial yang baik agar para penikmat lagunya tidak takut kepada pengamen yang terkesan menakutkan. Kesan menakutkan ini biasanya muncul dari gaya berpakaian para pengamen jalanan.

Saat meminta imbalan pun, seharusnya para pengamen bersikap lebih sopan atau merendah sehingga kita dapat dengan ikhlas memberikan sebagian rezeki kepada mereka. Bahkan, jika para pengamen itu dapat berlaku sopan atau berinteraksi sosial dengan baik, mungkin kita pun akan dengan rela memberikan uang lebih dari apa yang dia harapkan. Namun, saat kita tidak memberikan uang kepada pengamen jalanan, maka seharusnya sikap pengamen jalanan juga tidak boleh marah.

Itulah sekelumit ulasan tentang interaksi sosial pengamen jalanan. Semoga kita bisa membudayakan sikap saling menghormati dan tidak mengganggu satu sama lain. Dan, semoga kelak para pengamen lebih mengerti tentang interaksi sosial yang baik. Sehingga, kita bisa bermasyarakat dengan nyaman dan aman di mana pun kita berada.

Loading...
Selanjutnya : Cara Membuat Dokumen Commercial Invoice
Sebelumnya: Manfaat Atmosfer Bumi bagi Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar