Apakah Isac Newton Tidak Mampu Lulus Sebelum Menjadi Seorang Ilmuwan?

Jika mendengar nama Isac Newton disebut, apa yang terbesit di benak Anda? Nama ilmuwan ini memang kerap disebut di berbagai buku sekolah karena ketiga Teori Newton yang diciptakannya. Isac Newton disebut-sebut sebagai penemu teori gravitasi bumi lewat pengamatannya melalui buah apel yang jatuh dari pohon ketika ia sedang duduk. Orang-orang masih beranggapan bahwa ilmuwan besar menempuh banyak kegagalan sebelum akhirnya dinobatkan menjadi ilmuwan sungguhan, termasuk tidak lulus dari perguruan tinggi. Namun, apakah peristiwa Isac Newton tidak mampu lulus yang menyebabkan ia mampu menemukan semua teori besar tersebut?

Isac Newton terlahir dari keluarga seorang petani. Karena kelahiran prematur dan kondisi fisiknya yang lemah, tidak ada yang mengira bahwa ia bisa menjadi sehebat sekarang. Isac Newton kecil harus diasuh neneknya pasca pernikahan ibunya dengan seorang pendeta. Saat usia Isac Newton menginjak 12 tahun, ia disekolahkan di Grantham. Di sekolah yang bernama King’s School itulah ia mendapatkan perlakuan buruk dari teman-temannya.

Namun, Isac Newton justru menggunakan semua itu untuk memotivasi diri dan membuktikannya lewat prestasi yang selalu ia ukir di kelas. Dua tahun kemudian, Isac Newton diminta tinggal kembali dengan ibunya karena ayah tirinya wafat. Isac Newton menolak menjadi seorang petani seperti yang diminta ibunya dan memilih untuk melanjutkan kuliah di Cambridge.

Ketika menempuh studi sebagai mahasiswa itulah Isac Newton gagal pada mata kuliah geometri. Ia tidak lulus menghadapi mata kuliah tersebut. Namun, ia tetap bisa menyelesaikan studinya pada umur 22 tahun dengan gelar Sarjana Muda. Isac Newton bukanlah seorang ilmuwan yang suka berpangku tangan dalam mengisi hari-hari. Ia selalu membaca dan memikirkan segala sesuatu, kemudian mencoba berbagai eksperimen. Tidak hanya itu, Newton juga suka mengarang.

Perhatian Isac Newton pada sains yang begitu besar telah mendorongnya untuk terus bereksperimen hingga menemukan teori-teori yang bermanfaat bagi kehidupan kita. Isac Newton mampu menciptakan sebuah teropong refleksi dan melengkapi persamaan gerak melingkar yang dicetuskan oleh Keppler.

Ternyata Ilmuwan besar seperti Isac Newton tidak mampu lulus pada awalnya, ternyata mampu menyelesaikan studinya. Kegagalannya dalam satu mata kuliah tidak serta merta membuatnya menyerah. Bahkan, ketika berumur 45 tahun, Newton menerbitkan buku ‘Principia’ yang membahas tentang gerak. Hebat, bukan?

Loading...
Selanjutnya : Tips Sukses Bisnis Ritel
Sebelumnya: Cara Menambah Widget di Wordpress
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar