Isi Makalah tentang Sastra Lama


Isi makalah tentang sastra lama membuat kita membuka kembali catatan lama menganai sastra. Walau bagaimanapun, sedikit banyak sastra lama menjadi cikal bakal lahirnya sasta baru. Sastra lama memiliki nilai-nilai dan keunikan tersendiri. Ini tentunya dapat memperkaya pengetahuan dan pengalaman kita dalam bersastra.

Sastra Lama

Pengertian sastra lama tentu menjadi isi yang selalu ada sebagai pengantar bahasan makalah yang mengupas sastra lama. Benang merahnya adalah karya sastra dari berbagai daerah Indonesia. Itulah sebanya bahasa yang digunakan bisa bermacam-macam bahasa daerah, Melayu atau bahkan bahasa Arab dan Jawa kuno.

Ciri Sastra Lama

Ada beberapa hal yang menjadi ciri-ciri sastra lama. Ciri ini menjadi ciri khas yang tidak ditemui dalah jenis sastra baru. Di antaranya adalah anonim dan tanpa waktu pembuatannya. Sifat dari isinya tak lepas dari kehidupan seputar istana dan sekitarnya. Sastra lama juga mengalir dari mulut ke mulut hingga sastra ini menjadi milik bersama.

Jenis sastra lama terdiri atas sastra lisan dan tulisan. Sastra lisan biasanya tersebar pada tempat dan suatu waktu. Itulah sebab dialeknya terkadang tidak lengkap namun berpola. Di dalamnya terdapat corak kehidupan masyarakat yang belum mengenal huruf. Sangat kental dengan ciri budaya lokal karena diwariskan. Akibatnya anonim dan memiliki banyak versi. Isinya adalah kepentingan bersama. Ketika suah mengenal huruf lahirlah jenis sastra tulisan.

Penggolongan sastra lama dibagi ke dalam beberapa golongan. Ada yang berdasarkan bentuk, isi, dan budaya yang memengaruhinya. Menurut bentuknya terdiri dari puisi dan prosa. Isinya ada yang berisi sejarah, peraturan, dan tentang petunjuk pelaksanaan tugas raja. Sementara dari segi pengaruh budaya tiada lain berbagai budaya yang berpengaruh saat itu.

Ada beberapa pengaruh yang masuk pada sastra lama yang sifatnya dominan. Di antaranya adalah pengaruh dari sastra Melayu, Hindu, Islam, peralihan dari Hindu ke Islam, dan ada juga Jawa kuno. Masing-masing budaya dapat terlihat dari isi dari sastra lama tersebut. Kecenderungan dari isi yang terdapat dalam sebuah cerita.

Dari makalah tentang sastra lama kita dapat membandingkan sastra lama dengan sastra baru. Perbedaan yang paling terasa yaitu pada kebebasan dam berekspresi.Para satrawan memiliki hak cipta dan dapat mentransformasikan hasil sastranya melalu berbagai cara dan media.

Kebebasan ini membuat sastra modern terkesan ‘nakal’. Namun ini hanyalah bentuk kebebasan dalam berkreativitas semata.

Selanjutnya : Jenis Pekerjaan Yang Bisa Membuat Sukses Libra
Sebelumnya: Mencegah Kecanduan Game Perang Paling Seru pada Anak-anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar