Isi Sepuluh Perintah Tuhan yang Terdapat dalam Al-Quran


Al-Quran adalah kitab suci yang diturunkan bagi umat Islam. Di dalamnya terkandung petunjuk, baik berupa perintah maupun larangan yang ditujukan pada pemeluknya untuk pegangan hidup. Umat Islam harus berpedoman pada kitab suci ini agar tidak tersesat dalam menjalani kehidupan. Di dalam Al-Quran juga terdapat isi sepuluh perintah Tuhan.

10 Perintah Allah bagi Umat Islam

Perintah Allah Swt tersebut yang pertama adalah larangan untuk berbuat syirik atau menyekutukan Allah. Perbuatan syirik kadang dilakukan tersembunyi, misalnya saja seseorang yang percaya pada dukun atau ramalan bintang, maka ia dapat dikatakan sudah melakukan perbuatan syirik karena tidak percaya pada Allah dan takdir yang sudah ditetapkan-Nya. Perintah kedua adalah larangan membunuh anak, sekalipun terdesak dan dihimpit keadaan yang sulit. Bukankah Allah Swt telah menjamin seluruh rezeki makhluknya?

Perintah ketiga adalah larangan untuk mendekati perbuatan zina. Fenomena perzinaan memang sudah tidak asing lagi di sekitar kita. Jika mendekatinya saja dilarang, tentu melakukan zina akan lebih berbahaya. Perintah ke empat adalah larangan untuk membunuh, kecuali memang berdasarkan perintah Allah Swt atau karena hukum yang berlaku. Selain karena melanggar HAM, membunuh seseorang termasuk dosa besar. Perintah kelima adalah tidak mengambil hak anak yatim. Mereka tidak memiliki ayah dan ibu lagi, sehingga hak yang diamanahkan pada kita semestinya ditunaikan dan tidak kita ambil.

Perintah keenam adalah perintah untuk berbuat baik pada ibu dan bapak. Sebagai orangtua, mereka telah membesarkan dan mengasuh kita dengan penuh perjuangan. Tidak sepantasnya kita berbuat semena-mena, menghardik, bahkan mengabaikan mereka karena hal tersebut hanya akan mengakibatkan kita menjadi anak durhaka.

Perintah ketujuh adalah perintah untuk tidak curang dalam jual beli,  seperti mengurangi timbangan. Walaupun seakan menguntungkan sang penjual, cepat atau lambat perbuatan tersebut justru sangat merugikannya. Sang penjual tidak akan mendapatkan kepercayaan dari pembeli dan di akhirat nanti akan menerima azab yang berat.

Perintah kedelapan dan kesembilan mengajarkan kita untuk selalu adil dan menepati janji. Perintah yang terakhir adalah mengikuti petunjuk Allah Swt.

Semoga setelah mengetahui isi sepuluh perintah Tuhan, keimanan kita menjadi bertambah. Aamiin.

Selanjutnya : Antropologi Budaya di Lingkungan Etnik Melayu
Sebelumnya: Cara Merawat Pohon Jeruk Agar Menghasilkan Buah yang Berkualitas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar