Islam dapat Menyebar dengan Cepat di Indonesia Karena Berbagai Faktor


Islam merupakan salah satu agama yang banyak dianut oleh masyarakat di Indonesia. Islam dapat menyebar cepat di Indonesia karena beberapa hal. Berikut ini akan dibahas lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang menyebabkan Islam sangat berkembang pesat dan cepat di berbagai wilayah Indonesia.

Kepercayaan yang dikenal masyarakat pada zaman dulu adalah animisme dan dinamisme dimana masyarakatnya menyembah roh nenek moyang. Selanjutnya ada agama lain yang masuk seperti Hindu dan Budha yang selanjutnya banyak dianut oleh kerajaan-kerajaan di Indonesia seperti Kerajaan Majapahit dan sebagainya.

Selanjutnya banyak para pedagang yang berdagang ke Indonesia. Hal inilah yang menjadi penyebab masuknya Islam ke Indonesia. Hal utama yang menyebabkan Islam dapat menyebar dengan cepat di Indonesia karena Islam adalah agama yang sederhana sehingga tidak mempunyai persyaratan khusus untuk masuk Islam.

Hal lain yang terpenting yaitu Islam tidak mengenal sistem kasta. Seperti yang telah diketahui bahwa pada zaman agama Hindu dan Budha masih dianut, sistem kasta menjadi hal yang membuat masyarakat menjadi dibeda-bedakan. Contohnya saja seperti kasta untuk para bangsawan, raja-raja dan kasta untuk rakyat jelata.

Penyebaran agama di Pula Jawa merupakan yang terpesat. Hal ini dikarenakan adanya penyebar agama Islam yang dikenal dengan wali songo. Mereka menyebarkan agama Islam dengan berbagai cara. Sebagai contoh Sunan Kalijaga yang menyebarkan Islam melalui kesenian yaitu wayang. Hal ini tentu saja menjadi nilai tambah tersendiri bagi masyarakat yang sangat mencintai kesenian tradisional Indonesia sehingga dengan mudah menerima Islam sebagi agama yang dianutnya.

Selain itu, banyaknya pernikahan antara pedagang dengan para bangsawan di Indonesia menjadikan banyak orang-orang yang memeluk Islam. Penyebaran agama Islam semakin berkembang pesat dengan didirikannya pesantren sebagai tempat pendidikan agama Islam. Syarat masuk Islam juga bisa dikatakan sangat mudah yaitu hanya dengan mengucapkan kalimat syahadat saja.

Demikianlah penyebaran agama Islam di Indonesia dimana Islam dapat menyebar dengan cepat di Indonesia karena berbagai faktor seperti cara penyebarannya, kemudahannya dan tidak adanya sistem kasta. Semoga hal ini dapat menambah pengetahuan bagi anda mengenai penyebaran agama Islam di Indonesia.

Selanjutnya : Mengenal Nama Pakaian Adat Sumatera Selatan dan Sumatera Utara
Sebelumnya: Daftar Pabrik Pupuk di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar