Proses Islam Masuk ke Indonesia


Islam masuk ke Indonesia sudah terjadi sejak abad ke-7, jauh sebelum kerajaan di Jawa berakhir. Sebelumnya pengaruh agama Hindu dan Budha yang tertama kali dianut oleh masyarakat Indonesia masa itu. Sejak masuknya Islam yang dilakukan dengan damai dan runtuhnya pengaruh Hindu dan Budha, masyarakat Indonesia banyak memilih menjadi umat Islam. Salah satu dakwah yang dilakukan untuk menyebarkan agama Islam adalah dakwah para wali songo di tanah Jawa.

Sebenarnya pengaruh agama Islam ini masuk ke Indonesia tidak hanya berpusat di tanah Jawa, tetapi juga di tanah Sumatera. Terbukti dengan berdirinya kerajaan Samudra Pasai di Sumatera yang menganut agama Islam. Memang sebagian ada yang berpendapat masuknya Islam ke Indonesia terjadi pada abad ke-13, tetapi catatan sejarah dan bukti tulis dari prasasti menyebutkan pengaruh Islam sudah masuk pada abad ke-7. Ada dua jalur yang menerangkan tentang masuknya Islam ke Indonesia.

Masukknya Islam Berdasarkan Teori

Ada beberapa teori yang menyatakan atau menjelaskan tentang kapan masukknya agama Islam ke Indonesia ini. Ketiga teori ini didapatkan dari keterangan adanya pengaruh asing yang masuk ke Indonesia dan menyebarkan agama Islam. Beberapa pengaruh asing yang masuk ke Indonesia pada waktu itu bisa disebutkan dari Gujarat, Persia dan Mekkah.
Berikut proses masuknya Islam berdasarkan teori.

•    Teori Gujarat. Teori yang nyatakan oleh Snouck Hurgronje ini mengatakan bahwa masuknya agama Islam ke Indonesia karena pengaruh dari para pedagang yang melakukan perdagangan ke Indonesia. Para pedagang dari Gujarat, tepatnya dari Kambay ini datang berdagang di Indonesa pada abad ke-13.
•    Teori Persia. Teori Persia ini dikemukakan oleh P.A. Husein Hidayat, yang mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang dari Persia. Proses masuknya agama Islam ini disebabkan adanya kesamaan budaya yang dianut antara masyarakat Indonesia dengan Persia (Iran).
•    Teori Mekkah. Teori ini mengatakan sekaligus membantah jika Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13 dari  teori Gujarat. Teori ini mengatakan Islam masuk pada abad ke-7 dan dibawa secara langsung dari Mekkah (Arab) sebagai pusatnya agama Islam.

Proses Masuknya Agama Islam

Selain dari ketiga teori yang telah dikemukakan secara singkat di atas, proses masuknya agama Islam ini ke Indonesia juga dipengaruhi oleh beberapa jalur kegiatan berikut :

•    Perdagangan. Indonesia yang berada di jalur perdagangan yang strategis menghubungankan antara dataran China dengan negara Asia lainnya memudahkan mereka berlabuh ke Indonesia dan membangun perkampungan muslim di Indonesia.
•    Perkawinan. Selain melalui jalur perdagangan, agama Islam juga masuk melalui jalur perkawinan. Para saudagar yang berdagang di Indonesia memilih untuk menikah dengan wanita Indonesia dan oleh karenanya mengharuskan wanita Indonesia memeluk Islam terlebih dahulu.
•    Pendidikan. Banyaknya perkampungan muslim di wilayah Indonesia membuat penyiaran agama Islam menjadi semakin gencar dilakukan. Dibangunlah pesantren dan pondokan yang digunakan untuk memberikan pendidikan agama Islam.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Islam masuk ke Indonesia. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mengenal Cara Kerja Saraf Simpatetik
Sebelumnya: Pentingnya Lingkungan Kerja yang Sehat dan Bersih
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar