Islam Meliputi Fiqh

Dalam Islam sangat penting untuk setiap umat mengetahui bahwa Islam meliputi fiqh, tauhid, aqidah, akhlaq. Keempat hal tersebut adalah pondasi bagi setiap muslim untuk lebih jauh mengenal dirinya dan rabb-nya. Masing masing memiliki aturan dan tata cara tersendiri. Bila seorang islma memahami dengan benar apa yang telah dijabarkan dalam keempat pondasi tersebut maka sempurnalah agamanya. Belakangan pendalaman terhadap empat pondasi tersebut mulai meipis sehigga banyak ketimpangan dan ketidak seimbangan yang muncul dalam hidup bermasayrakat serta agama.

Fiqh

Apakah yang dimaksud dengan fiqh? Dalam islam fiqh adalah ilmu yang membahas tentang hukum- hukum Islam yang berdasar pada dalil – dalil terperinci atau tafsili. Dalam mengenal ilmu fiqh sesorang harus tahu bahwa sumber utama kemurnian fiqh adalah alqur’an, assunah, al-Ijma’ (kesepakatan ulama zaman rasulullah pasca wafatnya beliau dalam memandang suatu hukum), al-qiyas (pesama hukum tentang sesuatu yang tidak ada dalaillnya namun digolongkan sama). Bahasan fiqh dalam islam meliputi hukum agama, hukum ekonomi, hukum sosial, hukum yang berlalu untuk pribadi, hukum tentang budaya, hukum tentang pakaian dan sebagainya dibahas sidalam fiqh.

Tauhid

Lalu apa itu tauhid? Dalam islam tauhid sangat erat kaitannya dengan aqidah, yaitu mengesakan Allah. Dimana kekuasaan tertinggi terhadap hidup dan kehidupan ada pada ALLAH SWT dan tidak ada kesyirikan lainnya. Tauhid terbagi dalam 3 macam yaitu tauhid rububiah, tauhid uluhiyah dan tauhid asma wa sifat. Dalam islam kedudukan tauhid teramat penting. Dengan menjaga tauhid berarti seseorang telah menjaga aqidahnya dalam menjalankan perintah ALLAH sebagai Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan tuntunan dari RAsulullah SAW. Sangat penting untukmempelajari tauhid karena dalam tauhid terdapat bagaiman seorang menjga akqidahnya yaut mengesakan ALLAH, menjalankan kewajiban dari luar maupun dalam serta mengimani asma dan sifat ALLAH dalam artian sesungguhnya.

Aqidah

Setelah mengetahui tauhid kita juga harus tahu apa itu aqidah? Suatu hal yang terpenting dalam diri seorang muslim adalah iman atau aqidah. Diikrarkan pada lidah dan ditasydikkan oleh hati yang terangkum dalam syahadat. Secara etimologi aqidah adalah ikatan keyakinan yang sangat kuat terhadap suatu hal. Aqidah islamiah erupak suatu keyakinan yang amat kuat terhadap ALLAH dan rukun- rukunnya. Menaati ALLAH, nabi dan Rasul, kitab, malaikat, ketentuan dari ALLAH termasuk puasa, naik haji merupakan bagian dari aqidah islamiah.

Akhlaq

Hal utama yang membuat ALLAH mendatangkan Rasululah Muhammad SAW, kedunia ini adalah memperbaiki akhlaq manusia yang sudah jauh manusiawi dan tauhid. Mengembalikan manusia kepada derajad yang sesungguhnya. Akhlaq adalah tingkah laku, sikap dan penanaman bahwa penghargaan terhadap individu dan sosial sangat penting.

Dengan memahami aklaq dlm islam maka seorang muslim dapat memahami bahwa ALLAH begitu dekat. Bila pemahaman dalam islam meliputi fiqh, tauhid, aqidah akkhlaq telah benar maka kesempurnaan iman dimata ALLAH sudah mencapai tahap mendekati sempurna, karena kesempurnaan hanya milik ALLAH.

 

Selanjutnya : Isi Percakapan Naskah Laskar Pelangi
Sebelumnya: Apa yang Dimaksud dengan Kata Beserta Makalahnya?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...