Mengenal Istilah dalam Biologi dan Artinya Masing-masing


Kata Biologi berasal dari kata “biologie”, bahasa Belanda. Kata ini juga merupakan gabungan dari kata “bios” (hidup) dan “logos” (ilmu, lambang), bahasa Yunani. Ilmu Biologi mempelajari tentang makhluk hidup Beberapa istilah dalam Biologi dan artinya masing-masing biasanya telah kita ketahui dari pelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama. Istilah-istilah tersebut antara lain, Abiotik, Biotik, Animalia, Eschericia colli, Dikotil, dan Efek Rumah Kaca.

Biologi

Abiotik adalah sebuah ekosistem benda-benda tak hidup. Ilmu Biologi juga mempelajari tentang ini dalam kaitannya sebagai tempat tinggal makhluk hidup.

Lawan kata dari Abiotik adalah Biotik, yaitu bahasan tentang segala makhluk hidup. Di lingkungan Biotik, kita bisa mempelajari tentang Animalia, yaitu bahasan tentang binatang berikut ciri-ciri fisik dan karakteristiknya.

Biasanya nama-nama Latin dari binatang tersebut juga dibahas dalam dunia Animalia ini, tentu saja dengan kategori masing-masing. Misalnya, hewan bertulang belakang (Vertebrata) dibagi lagi menjadi kelas-kelas tertentu dengan nama-nama Latin yang berbeda-beda.

Bakteri sebagai makhluk paling kecil juga terdapat dalam istilah Biologi. Ilmu yang mempelajari tentang bakteri ini disebut Bakteriologi. Bentuk-bentuk dan karakteristik organisme bakteri dan virus ditelaah oleh para ahli Biologi dalam ilmu ini.

Salah satu istilah dalam ilmu ini adalah Escherichia colli. Ini adalah jenis bakteri yang hidup di dalam sistem pencernaan manusia dan binatang. Bakteri ini penyebab berbagai penyakit pencernaan.

Selain bakteri, ilmu Biologi pun membahas tentang tumbuhan dan segala hal yang terjadi pada tumbuhan tersebut. Salah satunya yaitu tumbuhan Dikotil (tumbuhan berkeping biji dua).

Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri seperti, tulang daun menyirip atau menjari, helaian mahkota bunganya lebih dari 2 helai, akarnya tunggang, dan bentuk jaringan pengangkut selnya berada dalam satu lingkaran. Contoh tumbuhan jenis ini yaitu Kelapa, Mangga, Rambutan, Belimbing, dan Kacang Tanah.

Efek rumah kaca juga menjadi bahasan dalam istilah Biologi. Materi ini menjadi perbincangan yang sangat penting hingga kini. Efek rumah kaca adalah proses pemanasan permukaan sebuah planet karena komposisi dan keadaan atmosfer yang mengalami perubahan ekstrim.

Lebih dari seratus istilah dalam Biologi dan artinya yang harus kita ketahui dan pahami agar pengetahuan tentang alam dan makhluk hidup semakin luas. Dari informasi ilmu ini diharapkan dapat menambah kesadaran pentingnya memelihara lingkungan hidup.

Selanjutnya : Mengenal Karakteristik Suku Bugis
Sebelumnya: Pendahuluan Sejarah Pidato Kartini
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar