Istilah dari Kausasi dalam Ekonomi


Istilah dalam dunia ekonomi memang sangat beragam, terlebih lagi dalam hal ekonomi pembangunan. Ilmu ini memang kembali digeluti pasca perang dunia II karena banyak negara yang ingin membangun perekonomiannya yang sempat terpuruk, termasuk Indonesia. Istilah terkait dengan bidang ini pun bermunculan, seperti istilah dari kausasi dalam ekonomi yang muncul dalam teori-teori pertumbuhan dan pembangunan daerah.

Pembangunan sebuah negara tentu harus didukung dengan pembangunan tiap daerah di dalamnya. Pengertian daerah didefinisikan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan ekonomi yang memiliki kesamaan sifat, misalnya dalam hal geografis maupun budayanya, serta berada pada sebuah administrasi, seperti adanya kabupaten, provinsi, dan sebagainya.

Pemerintah daerah bersama masyarakat mengelola potensi sumber daya dengan pihak swasta guna membuat peluang kerja akan membentuk suatu pembangunan ekonomi daerah. Tujuan dilakukannya pembangunan daerah adalah sebagai salah satu upaya peningkatan peluang kerja bagi masyarakat.

Pembangunan daerah memiliki beberapa teori yang dapat diaplikasikan meskipun tidak ada yang benar-benar sempurna. Penyebab dari ketidaksempurnaan tersebut karena beberapa faktor, baik dari dalam daerah maupun dari luar, misalnya saja data yang ada dalam suatu daerah sangat sedikit dan kurang sesuai dengan data yang diperlukan. Terlebih lagi jika pengumpulan data sangat sulit karena banyak yang tidak sesuai realita tentu akan semakin menyulitkan.

Terdapat lima buat teori mengenai pembangunan daerah yang kerap digunakan. Teori pertama adalah teori kausasi kumulatif. Ketimpangan antara daerah maju dengan daerah lain semakin parah akibat kekuatan pasar. Daerah yang lebih maju dan unggul dapat berkompetisi dengan daerah lainnya, sehingga mengakibatkan banyak dampak perubahan yang dapat mengacu ke arah baik dan sebaliknya.

Teori kedua adalah teori basis ekonomi. Teori tersebut menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi ditentukan oleh aktivitas perdagangan yang bukan dari dalam daerah. Teori ketiga adalah teori lokasi. Sebuah lokasi dapat menentukan berkembang tidaknya suatu pertumbuhan ekonomi. Teori tempat sentral juga menjadi salah satu teori yang penting jika dalam penerapannya didukung dengan penyedia sumber daya.

Teori model daya tarik timbul karena masyarakat bisa membuat perekonomian lebih baik dari subsidi dan insentif. Istilah dari kausasi dalam ekonomi muncul dalam teori-teori pembangunan daerah. Teori tersebut hanya satu di antara sekian banyak teori yang dapat digunakan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Beberapa Macam Gugatan Perdata
Sebelumnya: Daftar Tayangan Acara di Indosiar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar