4 Istilah Manajemen Keuangan Dalam Bank

Istilah manajemen keuangan dalam bank merupakan hal penting yang harus dipahami oleh mereka yang bergiat dalam usaha keuangan. Hal ini merupakan langkah antisipasi agar tidak mengalami kondisi negative pada saat menerjunkan diri dalam kegiatan usaha keuangan.

Bagaimanapun, dunia keuangan itu tidak beda dengan hutan lebat. Jika kita salah dalam mengikuti jalur, maka kita dapat tersesat, bahkan tidak dapat kembali ke tempat asal kita. Oleh karena itulah, maka sudah seharusnya kita memahami istilah-istilah tersebut.

Loading...

Bagi para pengusaha bank atau pegiat dunia perbankan, istilah-istilah manajemen keuangan bukan hal yang aneh. Setiap saat mereka sudah berkecimpung dalam masalah keuangan. Oleh karena itulah, mereka sudah menjadi pakar untuk masalah manajemen keuangan.

Tetapi, bagi orang awam, pengetahuan mengenai istilah dalam manajemen keuangan bank merupakan sesuatu yang harus dipelajari dan dipahami, terutama mereka yang berkeinginan untuk bergiat dalam dunia perbankan.
Beberapa istilah manajemen keuangan yang harus kita pahami, yaitu:

a. Aktiva Lancar, adalah harta yang dimiliki oleh perusahaan dan jika kita menginginkan untuk dijadikan uang, maka dapat segera kita lakukan. Aktiva lancar ini meliputi deposito, persediaan, piutang wesel, dan piutang dagang.

b. Aktiva Tetap, adalah kekayaan atau harta perusahaan yang posisinya tetap atau tidak bergerak, misalnya tanah, bangunan, mesin, kendaraan, dan peralatan perusahaan.

c. Annual Meeting, adalah pertemuan atau rapat yang dilakukan setiap satu tahunan. Pada rapat ini, para manajer perusahaan membuat dan melaporkan kondisi perusahaan kepada pemegang saham perusahaan. Pada rapat inilah para manajer melaporkan kondisi penghasilan kegiatan perusahaan selama setahun berjalan. Pada rapat ini pula pada umumnya dibahas tentang penentuan Dewan Direksi untuk periode tahun mendatang.

Rapat tahunan ini  memberikaan kesempatan kepada pejabat pelaksana lapangan untuk  menyampaikan ulasan untuk pengkondisian masa depan serta memberikan jawaban atas pertanyaan para pemegang saham perusahaan. Dalam menjawab pertanyaan ini, pejabat pelaksana lapangan dibantu oleh pejabat senior lainnya.

d. Annual Report, atau disebut juga laporan tahunan adalah laporan yang dibuat untuk kegiatan perusahaan selama setahun sudah berjalan. Isi laporan adalah kondisi keuangan emiten. Dalam laporan ini isinya meliputi laporan rugi laba yang dialami perusahaan, neraca arus kas. Laporan yang dibuat diserahkan kepada para pemegang saham.

Pemegang saham dapat menolak atau menyetujui laporan tersebut. Jika pemegang saham menyetujui laporan tersebut, maka akan diselenggarakan rapat persetujuan laporan. Rapat tersebut adalah RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham.

Istilah manajemen keuangan dalam bank memang merupakan kebutuhan masyarakat agar memahami pola kerja manajemen bank. Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Cara Mengutip Novel
Sebelumnya: Mengenal Rubela, Virus Kulit pada Anak Penyebab Campak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar