Arti Istilah Memo Debit dan Penggunaannya

Jika Anda gemar melakukan transaksi, baik dengan perusahaan besar atau transaksi-transaksi lainnya, maka istilah dalam judul di atas bukanlah sesuatu yang asing lagi. Pentingnya sebuah bukti transaksi guna membuat jurnal yang harus dikeluarkan bagi perusahaan-perusahaan besar membuat Anda para konsumen juga perlu mengetahui berbagai istilah yang berkaitan dengan hal tersebut, termasuk makna istilah memo debit atau debit memorandum.

Definisi debit memorandum adalah memo yang dikirimkan oleh pembeli pada penjual dan berisi data barang-barang yang dikembalikan karena kondisi barang yang diterima tidak sesuai keadaan awal saat perjanjian jual-beli dilakukan, misalnya saja keadaan barang yang didapat pembeli dalam keadaan cacat, rusak, atau kurang. Untuk membuat debit memorandum. Hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan adalah nama perusahaan yang dituju, tanggal pembuatan debit memorandum, nama, dan alamat pengirim, dan isi nota debet. Ketika akan mengirimkan debit memorandum, barang yang rusak atau tidak sesuai pesanan harus ikut dikirimkan.

Loading...

Selain debit memorandum, ada pula nota kredit yang digunakan sebagai bukti transaksi. Nota ini dikirimkan oleh penjual setelah menerima barang yang dikembalikan oleh pembeli dikarenakan kondisi barang yang tidak sesuai dengan pesanan, sehingga berakibat pada pengkreditan akun pembeli.

Cara pembuatannya pun hampir sama dengan debit memorandum. Keuntungan dibuatnya nota kredit, jika transaksi dilakukan secara kredit, maka piutang pembeli akan dikurangi. Sedangkan jika dilakukan tunai, penjual akan mengembalikan uangnya pada pembeli. Aturan ini tidak mutlak karena pada beberapa kasus seringkali pembeli tidak ingin uangnya dikembalikan, tetapi ingin diganti dengan barang yang sama, bergantung kesepakatan penjual dan pembeli.

Bukti transaksi lain yang digunakan dalam proses jual beli adalah faktur. Bukti ini dipakai untuk menunjukkan hasil penjualan kredit dari penjual yang diberikan pada pembeli. Jumlah barang, nama barang, harga satuan, beserta totalnya harus tercantum dengan jelas. Tanggal pembuatan faktur juga dibubuhkan guna menghindari kesalahan. Selain faktur, ada pula bukti kas masuk, bukti kas keluar, dan voucher.

Pentingnya istilah memo debit dan berbagai bukti transaksi lain sama-sama menguntungkan pihak penjual dan pembeli karena dapat meminimalisasi risiko penyalahgunaan transaksi. Perusahaan akan menjadikannya sebagai dasar pembuatan jurnal. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : TKI Harus Bisa Berkomunikasi dengan Bahasa Arab
Sebelumnya: Morfologi Jamur Tiram dan Kenali Aneka Macam Jamur
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar