Istilah-istilah dalam Dunia Film yang Sering Digunakan

Menonton film adalah hobi yang sangat menyenangkan. Tidak hanya menghibur, Anda juga bisa memperoleh pengetahuan tambahan dan nilai-nilai yang tersurat maupun tersirat dari dalam film. Terdapat banyak jenis film yang bisa Anda tonton sesuai dengan kegemaran. Apakah Anda tipikal orang yang gemar menonton film? Jika ya, ada baiknya jika Anda mengenal istilah-istilah dalam dunia film agar semakin tahu.

Untuk menghasilkan film dengan kualitas bagus dan mendapatkan apresiasi dari penonton, proses yang dilewatinya pun tidak bisa sembarangan. Baik sutradara maupun kru film serta artisnya harus bekerja sama agar hasil yang diperoleh dapat maksimal.

Ketika proses pembuatan film dilakukan, baik aktor maupun aktris, yaitu pemeran dalam film harus melakukan adegan yang sesuai dengan tuntutan scenario. Karena, selain memuat kalimat-kalimat, di sana terdapat berbagai macam hal yang dibahas secara detail, termasuk jenis gerakan maupun mimik yang harus dilakukan aktor.

Pengambilan adegan dilakukan dengan bantuan lampu dan peralatan lainnya. Istilah artificial light mengacu pada sumber cahaya yang diperoleh selain dari cahaya matahari, termasuk lampu. Jika cahaya berasal dari matahari, istilah tersebut menjadi aviable light.

Para pembantu sutradara yang juga memiliki peran penting dalam pembuatan film adalah asisten. Para asisten kameramen, asisten lighting, asisten director, dan asisten produser memiliki fungsi sesuai namanya masing-masing. Semuanya memiliki peran yang sama-sama penting, sehingga ketidakhadirannya akan membuat proses pembuatan film akan berjalan tidak maksimal.

Apakah Anda pernah mengamati bagaimana sang kameraman memainkan kameranya untuk mendapatkan efek dramatis dari sang aktor maupun aktris? Cara pengambilan gambar bird eye view diambil jika hasil gambar ingin seperti penglihatan burung yang sedang terbang, sedangkan untuk cara big close up dilakukan agar gambar yang diambil bisa terpusat pada bagian tertentu.

Cara ini biasanya digunakan untuk menekankan ekspresi mimik sang aktor agar terlihat meyakinkan. Ketika pengambilan gambar menggunakan kamera dilakukan, pengambilan dengan sudut tertentu dinamakan camera angle.

Selain sekelumit istilah di atas, masih banyak istilah-istilah dalam dunia film yang lain. Semoga pengetahuan Anda bertambah.

Loading...
Selanjutnya : Barang-barang Lamaran Pengantin
Sebelumnya: Aplikasi Penting untuk HP Java
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar