Jalur Jalan Raya Solo Malang


Jalur jalan raya Solo-Malang sering kali dilewati para pemudik di daerah Jawa yang melalui jalur darat. Terutama untuk ke Jawa Timur. Jalur ini sering kali pula digunakan oleh bus-bus yang akan menyeberang ke Pulau Bali. Itu mengapa jalur ini sering kali macet ketika hari raya, karena banyaknya orang yang mudik melalui jalur tersebut.

Apabila Anda berada di Kota Solo dan ingin menuju Malang, maka bisa melewati jalur yang dekat, yaitu dari Solo melewati Sarangan, kemudian Magetan, menuju Madiun, masuk ke Caruban, menuju Ngajuk, memasuki Kediri, dan menuju Malang. Ini adalah salah satu jalur alternatif yang dirasa cukup dekat dari Solo ke Malang. Selain itu, terdapat bus semipatas untuk perjalanan dari Solo menuju Malang, Jember, dan Banyuwangi.

Kota Solo sendiri saat ini lebih dikenal sebagai Kota Surakarta. Karena letaknya yang strategis di antara jalur-jalur selatan Jawa dan jalur Semarang-Madiun, membuat kota ini sering dijadikan sebagai tempat untuk transit. Biasanya, akan banyak bus malam yang ber-AC transit di kota ini, yang menghubungkan Solo dengan Bogor,  Jakarta, Bandung, Banyuwangi, dan Denpasar.

Tidak hanya bus untuk daerah Jawa, akan tetapi terdapat pula bus yang berasa dari Palembang, Bandarlampung, Medan, Pekanbaru, Padang di sisi barat, serta Mataram dan Bima di arah timur. Untuk bus yang berasal dari Kalimantan dan Sulawesi sendiri biasanya melalui kapal di Surabaya atau Semarang.

Selain itu, banyak bus yang melayani perjalanan ke seluruh kota utama di Jawa, Bali, dan Sumatra menjalin relasi dengan bus Solo. Dengan Terminal Tirtonadi sebagai terminal utama yang letaknya berada di bagian utara kota, serta lokasinya berdekatan dengan stasiun kereta api. Tidak hanya bus, tapi jalur ini juga menjadi jalur strategis yang terhubung dengan rel kereta api untuk ke berbagai kota.

Tidak hanya untuk kota-kota besar, jalur jalan raya Solo-Malang sering kali menjadi kota yang dilalui oleh bus dari berbagai terminal dari kota dan kecamatan kecil, seperti Purwodadi, Sragen, Tawangmangu, Matesih, Wonogiri, Pedan (Klaten), dan Simo (Boyolali). Begitu pula dengan bus tua atau bus kecil yang akan mencapai pedesaan dari Terminal Kartasura.

Selanjutnya : Pembahasan Tentang Bahan Kimia
Sebelumnya: Spesifikasi Escudo 1996
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar