Jalur Masuk Mandiri Fakultas Kedokteran UNPAD


Universitas Padjadjaran atau UNPAD merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Bandung yang sejak dulu sudah menjadi favorit calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan.

Perguruan tinggi negeri ini sudah terkenal dengan kualitas pendidikannya yang memang bagus dan memiliki fakultas yang menjadi incaran calon mahasiswa hampir dari seluruh Indonesia. Salah satu fakultas yang menjadi favorit mereka adalah fakultas kedokteran. Tahun ini, jalur masuk mandiri fakultas kedokteran UNPAD masih dibuka bagi calon mahasiswa yang memilih jalur SMUP (Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran).

Fakultas Kedokteran UNPAD memang menjadi salah satu pilihan calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan tingginya. Fakultas yang terkenal karena tingginya biaya masuk ini tetap menjadi salah satu favorit calon mahasiswa. Fakultas kedokteran UNPAD berlokasi di Jatinangor.

Fakultas Kedokteran UNPAD pada tahun ini menurunkan kuota kursi dari jalur mandiri sebanyak 10 persen dibandingkan penerimaan pada tahun lalu. Pada jalur mandiri, UNPAD telah menetapkan jumlah kuota mahasiswa yang akan diterima melalui SMUP atau Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran sebanyak 2309 orang.

Fakultas Kedokteran UNPAD tahun ini mematok biaya masuk sebesar Rp.175 juta. Hal tersebut berlaku bagi mahasiswa yang lolos dan masuk jalur SNMPTN. Biaya sebesar itu adalah biaya untuk sekali masuk. Selanjutnya, tiap mahasiswa dikenakan biaya kuliah setiap semester sebesar Rp.2 juta.

Bagi jalur penerimaan lainnya, UNPAD menetapkan perhitungan yang tidak sama. Menurut Rektor UNPAD, Ganjar Kurnia, mahasiswa yang mengambil jalur mandiri SMUP, besarnya biaya SPP per semesternya didasarkan pada dana pengembangan pada setiap fakultas. Misalnya Fakultas Kedokteran, yang membayar Rp.95juta yang ditambah dengan 16 jutadan kemudian dibagi delapan. Hasil yang diperoleh adalah Rp.13,875 juta. Maka, biaya yang harus dibayarkan setiap semester adalah sebesar hasil tersebut.

Setiap fakultas memang memiliki perbedaan untuk setiap penerimaan mahasiswa barunya. Demikian juga dengan fakultas kedokteran yang juga berbeda dalam jalur yang dipilihnya, salah satunya jalur masuk mandiri fakultas kedokteran UNPAD. Demikian uraian mengenai seleksi masuk UNPAD Fakultas Kedokteran dengan biaya yang cukup mahal. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mengetahui Jadwal Bioskop Detos
Sebelumnya: Makanan Orang Diabetes
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar