Perbedaan Patokan Jam Dunia

Jam dunia adalah pedoman waktu internasional yang salah satunya berdasar pada pedoman waktu Greenwich atau GMT. Kehadiran jam dunia sangatlah penting karena jam dunia mengatur segala fitur dan fungsi waktu di seluruh dunia.

Zona Waktu Jam Dunia

Berikut adalah daftar zona aktu berdasarkan pengaturan dari Coordinated Universal Time (UCT) dan Greenwich Mean Time (GMT).

Wilayah Bumi di belahan utara dan belahan selatan akan menambahkan waktu satu jam ke musim panas karena sejumlah negara lain menggunakan pedoman Greenwich Mean Time (GMT) daripada Coordinated Universal Time (UTC). Kemudian beberapa zona utara dan selatan wilayah Pasifik umumnya berbeda 24 jam.

Negara-negara yang berada di wilayah berkebalikan ini memiliki waktu atau jam yang sama namun berbeda hari. Untuk wilayah yang berada di saerah ekstrim di tengah Pasifik biasanya memiliki perbedaan waktu 26 jam. Untuk wilayah yang menganut waktu UTC positif, maka awal penanggalan dimulai pada UTC+14 dan akhir penanggalannya dimulai pada UTC-12.

Pengaturan ini menunjukkan bahwa dalam satu jam setiap harinya akan terdapat tiga tanggal berbeda yang digunakan di seluruh dunia. Misalnya, pada pukul 09.30 UTC akan berada pada hari Senin, 11.30 hari Selasa, dan pada waktu 22.30 hari Minggu. Menarik, bukan?

Situs Jam Dunia Online

Situs untuk mengetahui jam dunia yang online nonstop selama 24 jam adalah timeanddate.com. Situs ini menyediakan informasi mengenai jam atau pedoman waktu yang digunakan di seluruh dunia, baik waktu secara umum dalam satu negara maupun waktu-waktu di berbagai kota.

Selain itu, situs jam dunia online tersebut juga menyediakan fitur countdown atau penghitung waktu mundur yang biasanya digunakan untuk menghitung mundur saat pergantian tahun. Timeanddate.com juga menyediakan kalender online sepanjang tahun di mana Anda dapat memeriksa dan mengetahui tanggal-tanggal penting di tahun mendatang.

Meskipun situs ini pada awalnya hanya untuk penggunaan online, kini aplikasi jam dunia telah hadir dalam bentuk aplikasi PC maupun aplikasi Android sehingga akan sangat bermanfaat khususnya ketika bepergian jauh.

Anda sudah tak perlu repot lagi mencari waktu-waktu di berbagai belahan via online karena Anda kini memilikinya ke manapun Anda pergi. Menariknya, fasilitas aplikasi jam dunia juga akan sangat bermanfaat bagi para backpacker atau mereka yang hobi travelling.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi website timeanddate.com. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Pengaruh Inflasi Terhadap Bisnis Global
Sebelumnya: Pemeliharaan dan Hasil Perkawinan Kenari
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar