Jamu Tradisional Dan Khasiatnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan rempah-rempah. Rempah-rempah itu dapat dibuat sebagai jamu tradisional dengan khasiat yang sangat mujarab. Bahkan ramuan atau jamu ini merupakan warisan budaya dari nenek moyang secara turun temurun, yang hingga kini diakui khasiatnya. Berikut adalah beberapa jamu tradisional dan khasiatnya.

Paitan merupakan jamu yang sangat baik untuk kesehatan. Rasanya sangat pahit karena mengandung sambiloto dan brotowali di dalamnya. Jamu ini memiliki khasiat untuk mengatasi kolesterol, menghilangkan jerawat, dan membersihkan darah.

Loading...

Beras kencur merupakan salah satu jamu yang sangat populer di Indonesia, karena khasiatnya yang dapat menambah nafsu makan. Itu sebabnya, orang tua zaman dahulu menggunakan jamu ini sebagai obat penambah nafsu makan pada anaknya. Selain itu, jamu yang terbuat dari campuran beras, kencur, gula merah, dan jahe ini juga sangat ampuh untuk meredakan pegal-pegal dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Jamu cabe lempuyang merupakan jamu yang terbuat dari ripang lempuyang dan cabe jamu. Khasiatnya, selain dapat mengatasi pegal linu pada pinggang, juga dapat mengatasi masalah kesemutan dan letih pada tubuh.

Kunyit asam merupakan jamu kewanitaan yang menjadi ramuan untuk mengatasi masalah pada haid. Selain itu, jamu yang terbuat dari campuran kunyit dan asam ini juga dapat mengobati panas dalam dan menurunkan berat badan.

Jamu gepyokan merupakan jamu yang sangat baik untuk ibu yang menyusui. Adanya bahan alami seperti jahe, kencur, dan daun katup ini dapat membantu mengatasi masalah kuantitas air susu pada ibu menyusui. Selain itu, jamu ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan sang ibu dan buah hatinya.

Kunci sirih adalah jamu yang sangat populer untuk kecantikan wanita. Jamu ini terkenal sangat ampuh untuk mengatasi masalah bau badan. Selain itu, khasiat dari jamu ini adalah membuat tubuh menjadi lebih kencang dan singset. Tidak hanya itu, khasiat lainnya adalah sangat baik untuk menjaga organ intim wanita.

Demikian ulasan tentang jamu tradisional dan khasiatnya. Dengan banyaknya khasiat yang dapat diperoleh dari hasil alam Indonesia, sudah patutnya kita bersyukur tinggal di negeri yang kaya ini. Selain itu, sudah sepantasnya kita tetap menjaga keseimbangan alam,dan membudidayakan tanaman yang sangat baik untuk digunakan sebagai herbal seperti jamu.

Loading...
Selanjutnya : 10 Stadion Besar di Dunia
Sebelumnya: Pembahasan Tentang CPU
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar