Pencegahan Jamur Penyebab Panu dan Pengobatannya

Panu termasuk salah satu jenis penyakit yang mudah menyerang segala usia. Oleh karena itu, perlu diketahui jamur penyebab panu dan pengobatannya, agar kita senantiasa menjaga kesehatan tubuh kita. Tentu saja penyebab maupun cara pengobatannya ini bukan hanya diperuntukkan bagi para penderita panu saja, tetapi untuk kita juga sebagai tambahan pengetahuan.

Jamur Penyebab Penyakit Panu

Loading...

Penyakit panu termasuk salah satu jenis penyakit pada kulit dan pertama kali diidentifikasi pada tahun 1846. Semua orang segala usia, laki-laki ataupun perempuan dapat terserang penyakit ini. Apa penyebabnya? Malassezia furfur (Pityrosporum ovale) inilah yang menjadi jamur penyebab penyakit panu. Malassezia furfur (Pityrosporum ovale) termasuk jamur seperti benang-benang yang berupa spora bergerombol ketika diamati dengan menggunakan mikroskop. Karenanya, sebutan dalam bahasa latin untuk penyakit panu yakni pityriasis versicolor.

Meski dalam dunia kedokteran penyakit ini tidak berbahaya, tapi ketika si penderita tidak berupaya mengobatinya maka akan sangat mengganggu kesehatan terutama bagian kulit. Biasanya perempuan tidak menginginkan kecantikan kulitnya ternoda oleh penyakit apapun termasuk panu. Penyakit yang disebabkan oleh jamur Malassezia furfur (Pityrosporum ovale), termasuk menular. Karena itulah, hendaknya waspada terhadap jamur penyebab panu. Bagian kulit yang terserang jamur biasanya akan tampak bercak-bercak putih, merah ataupun coklat. Rasanya gatal dan dapat menular dengan mudah pada bagian kulit orang lain.

Tanda-Tanda Terserang Penyakit Panu, Pengobatannya

Tanda-tanda adanya serangan dari jamur penyebab penyakit panu yakni rasa gatal muncul saat berkeringat, warna kulit yang terserang tampak bercak-bercak putih, merah ataupun coklat. Bagian tubuh yang sering diserang jamur penyebab penyakit panu antara lain kulit kepala, leher, wajah, punggung maupun tangan.

Cara mengobati penyakit panu secara alami bisa dengan menggunakan bahan-bahan dapur seperti lengkuas, bawang putih, jeruk nipis ataupun daun pare. Silakan Anda memilihnya serta menggunakannya sebagai obat penyakit panu. Misalnya bawang putih yang sering kita jumpai dalam dapur. Cara meramunya yakni dengan menyiapkan 1 siung bawah putih, lalu dipotong jadi 2. Nah, getah dari bawang putih inilah yang dioleskan pada bagian terserang penyakit panu. Silakan rutin dioleskan terutama setelah mandi di waktu pagi dan sore.

Sebenarnya penyakit karena jamur ini dapat dicegah dengan beberapa cara, antara lain adalah dengan mandi secara teratur, menjaga kebersihan pakaian maupun tempat tinggal, serta menggunakan kain yang mudah menyerap keringat.

Demikianlah sekilas informasi tentang jamur penyebab panu dan pengobatannya.

Loading...
Selanjutnya : Manfaat Daun Ceremai untuk Melangsingkan Tubuh
Sebelumnya: Barang Bekas Bisa Bermanfaat untuk Pengembangan Usaha Rumahan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar