Jamur Yang Bisa Dimakan


Jamur adalah tumbuhan yang biasanya tumbuh liar di alam. Ada dua jenis jamur di dunia ini, yaitu yang beracun dan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Berikut adalah jamur yang bisa dimakan dan dibudidayakan.

-    Matsutake merupakan jamur yang tumbuh dengan liar di daerah Jepang, Korea, Cina, Finlandia, dan negara lain. Pada beberapa daerah jamur matsutake tumbuh ketika musim hujan. Sebagai bahan pangan, jamur ini memiliki aroma yang sangat wangi dan menjadi bahan makanan dengan harga yang sangat mahal di Jepang. Jamur ini dapat dimasak dengna berbagai cara, seperti ditanak bersama nasi, dipanggang di atas api, atau menjadi campuran untuk bahan makanan dobinmushi.

-    Jamur kancing memiliki aneka warna seperti krem, coklat muda, dan putih. Jamur yang paling banyak dibudidayakan di seluruh dunia ini, memiliki bentuk bulat menyerupai kancing. Aroma dari jamur ini sangat unik dan rasanya sedikir manis. Jamur ini harus cepat dimasak, karena apabila terlalu lama di udara terbuka, maka warnanya menjadi kecokelatan dan aromanya akan menghilang. Biasanya jamur ini sering digunakan untuk bahan masakan pizza, kaserol, omelet, selada, dan gratin.

-    Jamur tiram memiliki bentuk setengah lingkaran menyerupai cangkang tiram, namun bagiannya tengahnya agak cekung. Jamur yang berwarna putih hingga krem ini hidup di alam bebas, terutama pada hutan pegunungan di daerah yang sejuk, dan tumbuh sebagai jamur kayu. Apabila dimakan, jamur ini memiliki khasiat sebagai antibakteri, antitumor, serta penurun kolesterol. Selain itu, jamur ini juga dapat mengatasi jantung lemah, anemia, diabetes, dan penyakit lever.

-    Shiitake merupakan jamur yang berasal dari asal Asia Timur. Uniknya, jamur ini memiliki aroma dan bentuk seperti jengkol, sehigga di Indonesia sering dikatakan sebagai jamur jengkol.

-    Jamur merang sangat banyak ditemukan di beberapa daerah beriklim subtropis dan tropis yang ada di Asia Timur dan Asia Tenggara. Rasa jamur ini sangat enak dan gurih. Bahkan sangat cocok apabila dibuat tumisan, pepes, sup, dan capcay. Untuk memanennya, pilihlah jamur muda yang berwarrna cokelat gelap hingga abu-abu. Tubuhnya yang berbentuk bulat telur dilindungi oleh selubung.

Jika ingin mengetahui mengenai jamur yang bisa dimakan, lebih telitilah dalam melihat dan mengetahui mengenai jamur liar. Jangan sampai terkecoh dengan jamur yang beracun dan membahayakan.

Selanjutnya : Stadion Terbesar Nomor 1 di Dunia
Sebelumnya: Program MTV Ampuh Chart
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar