Jangka Waktu Kelinci Melahirkan


Jangka waktu kelinci melahirkan berbeda dengan manusia. Apabila manusia melahirkan setelah sembilan bulan mengandung, maka kelinci umumnya melahirkan pada saat usia kandungannya berusia 29 hingga 30 hari. Binatang ini memiliki kemampuan reproduksi yang luar biasa. Seekor kelinci betina dalam satu tahun dapat hamil sebanyak lima kali. Tidak hanya itu, dalam satu kali kehamilannya, kelinci betina ini dapa melahirkan 5 hingga 15 bayi kelinci.

Untuk fase kehamilan kelinci sendiri biasanya terbagi dalam tiga periode. Pada minggu pertama, janin akan mulai membesar, kemudian janin tersebut akan bergeser pada minggu kedua. Dan minggu ketiga adalah masa untuk menanti kelahiran sang bayi.

Pada fase ketiga ini, sekitar 27 hari kehamilan, sediakan kotak untuk tempat calon bayi. Di dalamnya berikan jerami secukupnya. Tempat ini harus ada agar induk kelinci tenang dan tidak merasa stres. Cukupi kebutuhan minumnya.

Apabila kelinci normal hanya membutuhkan minum ½ gelas tiap harinya, maka untuk kelinci hamil sediakan air sebanyak satu gelas setiap harinya. Dengan tercukupinya kebutuhan minum akan membuat kesehatan sang induk terjaga. Ini akan berpengaruh dengan kesehatan bayi yang akan dilahirkannya.

Sejak hari ke-25, mulailah mengurangi kunjungan Anda. Ini untuk menjaga agar sang induk tidak merasa Anda sebagai ancaman. Maka sebelum minggu terakhir mennggu waktu melahirkan, sebaiknya semua persiapan kelahiran sudah disiapkan. Akan tetapi, tetaplah menjaga makanan sang induk.

Bahkan, lima menit sebelum melahirkan, Anda harus menyiapkan air dan sayuran segar dan bervitamin, seperti wortel dan kangkung. Ini dikarenakan setelah melahirkan induk kelinci akan sangat kelaparan dan dehidrasi, sehingga membutuhkan nutrisi yang cukup.

Setelah bayi kelinci lahir, jangan menyentuhnya. Bahkan, Anda harus menjaga jarak dengan kelinci selama dua minggu pertama setelah proses kelahiran. Biarkan sang induk merasa tenang dan melihat anaknya sehat. Akan tetapi, tetap pastikan agar kebutuhan makan dan minumnya tetap terjaga.

Setelah beberapa minggu, Anda dapat mulai mendekati kelinci. Dengan perlahan eluslah sang induk agar ia merasakan kenyamanan bersama Anda. Namun, jangan terburu-buru untuk mendekati sang anak. Lakukan perlahan, hingga sang induk merasa percaya dengan Anda.

Selanjutnya : Sulitnya Mencari Cara Penanggulangan Limbah Gas yang Baik
Sebelumnya: Stadium Kanker Hati
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar