Berapa Lama Jangka Waktu Panen Ikan Lele

Jangka waktu panen ikan lele paling cepat kurang lebih 35 hari. Untuk mendapatkan hasil panen yang bagus dalam waktu singkat ini, harus ada beberapa langkah yang diambil. Misalnya dengan teknik pengayaan. Inilah teknik yang memindahkan ikan lele yang sudah dianggap cukup besar atau lele remaja. Pengayaan ini dimaksudkan agar lele bisa tumbuh lebih cepat karena diberi ruang gerak yang lebih luas dengan makanan yang khusus.

Menggunakan Lubang Seser

Bagaimana mengetahui kalau lele sudah mencapai usia remaja dengan besaran tubuh tertentu? Lele dipindahkan ke tempat khusus dengan terlebih dahulu dimasukan melalui lubang seser. Lubang ini telah dibuat sedemikian rupa sehingga tidak akan melukai lele. Kalau ukuran lele pas, lele akan tertampung di wadah tersebut. Tapi kalau tidak, maka lele akan kembali ke kolam semula.

Penggunaan teknik pengayaan ini membutuhkan kesabaran ekstra. Tentu cukup memakan waktu untuk memilih dan memindahkan lele ke tempat yang baru. Tapi teknik ini telah mampu mempercepat waktu panen. Kalau biasanya 2 bulan, dengan teknik ini hanya 35 hari.

Ikan lele dengan ukuran yang siap dibesarkan ini diberi ruang gerak yang lebih luas. Makanan yang digunakan adalah pelet. Tipe yang digunakan, antara lain adalah FF999, 781-2, dan tipe 781. Untuk membuat lele tumbuh lebih cepat lagi, berikan makanan tambahan seperti bekicot dan ikan bekas. Untuk mendapatkan ikan bekas ini, biasanya orang membeli di tempat pelelangan ikan. Nelayan biasanya mempunyai banyak ikan sisa yang tidak terjual.

Limbah dari tempat pemotongam hewan pun bisa diberikan. Air kolam memang menjadi kurang bersahabat dengan manusia karena terlihat lebih kotor tetapi kondisi ini malah disukai oleh lele untuk berkembang menjadi lebih besar. Tapi jangan biarkan air kotor terlalu lama.

Ada akibat yang kurang baik kalau air kolam kotor. Lele bisa terkena penyakit. Untuk itulah sebaiknya gunakan pakan lele yang lebih bersih. Peternak lele juga tidak memberikan makanan yang terlalu banyak sehingga lele tidak sanggup menghabiskannya. Air yang kotor ini harus dibersihkan. Ganti air kolam 5 hari sekali.

Usaha Lain untuk Membuat Panen Lele Lebih Cepat

Usaha lain untuk membuat panen lebih cepat adalah dengan memberikan suplemen. Campurkan madu dan gula ke dalam pelet agar lele cepat besar. Beri lele makan 3-4 kali sehari.

Kalau lele kelaparan, lele akan saling makan. Hal ini akan mengurangi bobot panen. Dengan makanan tambahan ini, jangka waktu panen ikan lele kurang lebih 35 hari hingga 2 bulan sekali.

Semoga artikel mengenai jangka waktu panen ikan lele ini bermanfaat bagi Anda.

Loading...
Selanjutnya : Apa Saja Peran Komunikasi Pendidikan?
Sebelumnya: Istilah Perencanaan Bahan Baku Dalam Proses Produksi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar