Jarak Awal Lompatan Lompat Jauh


Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga yang bertujuan untuk mencapai lompatan sejauh mungkin. Namun tentu ada aturan yang harus dipatuhi dalam olahraga ini.

Beberapa peraturan diberlakukan dengan tujuan agar membakukan olahraga dan juga menimalisasi adanya cedera. Aturan yang diatur termasuk jarak awal lompatan lompat jauh.

Jarak awalan lari hingga mencapai balok tumpuan adalah 45 meter. Sedangkan balok tumpuan sendiri memiliki tebal 10 cm, panjang 1,72 meter, dan lebar 30 cm. Bak lompatan sendiri memiliki panjang 9 meter, lebar 2,75 meter, dan kedalaman bak lompat ini adalah kurang lebih satu meter. Bak lompat ini biasanya diisi dengan pasir yang aman ketika melakukan pendaratan nantinya.

Olahraga lompat jauh sendiri merupakan perpaduan dari gerakan tubuh yang mengolah kecepatan, kekuatan, daya tahan, kelenturan, dan juga ketepatan. Menurut teori, lompatan yang jauh dan baik dimulai dari kecepatan lari yang baik dan ancang-ancang yang tepat.

Karena itu kemampuan berlari seorang atlet lompat jauh juga harus baik. Selain itu, tentu kemampuan tumpuan dan tolakan dari atlet lompat jauh juga harus baik. Hal ini sangat menentukan seberapa jauh lompatan yang akan dilakukan.

Ketika akan meloncat, badan jangan terlalu condong seperti saat berlari. Tumpuan kaki haruslah kuat, aktif, dan memiliki keseimbangan yang baik.

Selain itu, ketika melakukan lompat jauh, maka kita harus juga memperhatikan saat kita melayang. Keseimbangan dibutuhkan agar lompatan bisa jauh dan kita tidak mengalami cedera.

Setelah itu, kita juga harus memperhatikan posisi ketika mendarat. Kita harus melakukan pendaratan dengan dua kaki. Usahakan agar kedua kaki ini menjejak ke tanah dalam waktu yang bersamaan.

Hal ini untuk menghindari kemungkinan cedera akibat jatuh yang salah. Waspadai juga agar tidak mendarat dengan bokong. Hal ini merupakan bentuk lompatan yang salah. Karena itu usahakan tubuh bagian atas dicondongkan ke depan ketika melakukan pendaratan.

Pelari akan mencapai hasil yang maksimal apabila jarak awal lompatan lompat jauh di perhitungkan dengan benar. semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mengenal Sejarah Negara Swiss
Sebelumnya: Fungsi Gudang Lagu List Artis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar