Jarak Matahari dan Bumi


Jika anda keluar di malam hari, pada saat cuaca cerah. Bumi akan terlihat langit dipenuhi bintang yang yang jumlahnya tidak berbatas. Apakah anda pernah membayangkan, jarak dari bumi ke bintang atau jarak dari matahari ke bumi? Jawaban yang pasti adalah sangat jauh dan tidak mungkin dicapai oleh manusia.

Bumi Adalah satu-satunya planet di jagat raya ini yang mempunyai penghuni. Seperti yang diketahui bersama, bahwa bumi beredar mengelilingi matahari. jarak antara matahari dan bumi sendiri sangatlah jauh, yakni 149.597.870,7 kilometer atau dalam perhitungan cara sebesar delapan menit cahaya.

Namun seberapa dekat atau jauh matahari dengan bumi, tidak akan pernah ada manusia yang bisa sampai ke matahari. Kenapa demikian? Karena matahari adalah tempat yang sangat panas dan jika didekati akan berbahaya.

Oleh karena itu, kenapa hanya bumi yang berpenghuni manusia, bukan merkurius atau venus yang lebih dekat dengan matahari? Karena di planet merkurius atau pun venus, keadaan jauh lebih panas dan tidak mungkin ada kehidupan di sana.

Penemu Jarak Matahari dengan Bumi

Segala sesuatu yang ada di jagat raya ini ditemukan oleh orang-orang terdahulu. Selanjutnya penemuan-penemuan lantas dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih dalam dan lebih rinci.

Seperti hal ketika jaman dahulu baru bisa menemukan planet-planet lain, kemudian ada perkembangan di mana dapat mengurus jarak planet tersebut, sama halnya ketika mengukur jarak matahari dan bumi.

Siapakah pertama kali yang menemukan jarak tersebut? jarak tersebut sudah diketahui dan ditemukan oleh Aristarchus. Kapankah ia mencoba menghitung jarak matahari dari bumi?

Ia mencoba menemukan sekitar 2250 tahun yang lama. Sudah sangat lama bukan? Karena mempelajari alam semesta tidak akan ada habisnya. Banyak rahasia yang ada pada alam semesta dan rahasia tersebut adalah yang terkuak, namun ada pula yang tidak.

Jika Jarak Matahari dan Bumi Terlalu Dekat atau Terlalu Jauh

Segala sesuatu yang ada di jagat raya ini sudah diatur sedemikian adanya. Oleh karenanya, jika sama bumi terletak lebih jauh atau lebih dekat dengan matahari, maka bumi tidak mungkin ditinggali oleh manusia.

Karena jika jarak terlalu dekat, semua orang yang ada di bumi akan kepanasan. Sekarang saja setiap harinya sudah banyak orang yang kepanasan jika berada di luar pada siang hari. Karena jarak matahari dan bumi membawa pengaruh yang besar.

Selanjutnya : Obat Tradisional Gatal Alergi
Sebelumnya: Film Komedi Indonesia 3 Pocong Idiot
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar