Jarak Menstruasi Setelah Melahirkan

Jarak menstruasi setelah melahirkan bagi para ibu merupakan satu hal yang paling banyak ditanyakan. Hal ini dikarenakan jarak menstruasi pasca melahirkan setiap wanita berbeda-beda. Hal ini dikarenakan faktor hormonal setiap wanita pun berbeda-beda.

Pada umumnya, wanita yang telah melahirkan akan mengalami masa nifas selama kurang lebih 40 hari. Setelah melalui masa nifas tersebut, wanita kemudian akan menstruasi setelah melahirkan. Akan tetapi, tidak semua wanita dapat langsung mengalami menstruasi setelah masa nifas tersebut.

Loading...

Bagi wanita yang tidak langsung mengalami menstruasi setelah melahirkan, hal tersebut bukanlah sebuah hal yang harus dikhawatirkan. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya seorang wanita tidak langsung mengalami menstruasi setelah melahirkan. Penyebab tersebut bisa dikarenakan oleh sistem hormonal.

Hormon prolaktin yang berfungsi sebagai pengatur produksi ASI dapat menjadi factor terlambatnya datangnya menstruasi setelah melahirkan. Hormon prolaktin ini akan beraktifitas lebih tinggi akibat dari produksi ASI yang dihasilkan. Oleh karena itu, ibu yang menyusui bayinya secara ekslusif tidak dapat secara langsung mendapatkan menstruasinya setelah melahirkan.

Hormon lain yang juga berpengaruh pada siklus menstruasi pada ibu yang melahirkan adalah hormon Hipotalamik Pituitary Ovarium. Hormone tersebut merupakan hormon yang mempengaruhi lamanya mendapatkan menstruasi pada ibu yang menyusui dan wanita yang tidak menyusui.

Selain itu, program diet yang dilakukan oleh beberapa ibu yang telah melahirkan juga dapat menjadi faktor terjadinya keterlambatan menstruasi pada ibu yang baru melahirkan. Diet yang dilakukan oleh ibu yang baru melahirkan akan mengganggu siklus menstruasi ibu, sehingga siklus menstruasi tidak teratur.

Begitu juga dengan kondisi ibu yang baru melahirkan, kondisi fisik dan psikis ibu juga menjadi faktor terganggunya siklus menstruasi. Ibu yang mengalami depresi, lelah, atau mengalami kondisi baby blues juga dapat menjadi faktor tidak terjadinya menstruasi setelah melahirkan pada ibu.

Berdasarkan penelitian, jarak menstruasi setelah melahirkan pada wanita menyusui biasanya terjadi pada minggu keenam setelah melahirkan. Ada juga ibu yang menyusui mendapat menstruasi pada minggu kedua belas setelah melahirkan. Sedangkan untuk wanita yang tidak menyusui, menstruasi setelah melahirkan biasanya terjadi pada minggu keenam hingga enam bulan paska melahirkan.

Demikianlah pembahasan mengenai jarak menstruasi setelah melahirkan, semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Dibalik Kisah Memilukan, Cerita Rumah Kentang Jln. Banda
Sebelumnya: Alat Musik Modern – Petik, Gesek, Hingga Tabuh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar