Jaringan Komputer Selain Kabel

Teknologi wi-fi penghubung jaringan komputer selain kabel dengan teknologi gelombang radio yang dipancarkan melalui alat khusus.

Tekonologi ini sekarang banyak dipakai karena lebih irit dan mudah mendistribusikan tanpa menggunakan jaringan kabel. Wilayah yang terdapat area wi-fi dinamakan hot spot, pada area ini memungkinkan pengguna internet bisa membuka email, browsing atau main fb dengan gadget masing-masing tanpa perlu kabel.

Loading...

Dulu wi-fi hanya dipasang area perkantoran saja. Tapi sekarang teknologi ini dipakai di sekolah-sekolah, kampus, hotel dan café.

Pengertian wi-fi

Wi-fi adalah kepanjangan dari Wireless Fidelity, teknologi ini diciptakan pertama kali oleh Vic Hayes. Dia merancang teknologi nirkabel dengan bantuan radio.

Pengembangan pertama kali pada tahun 1985. Teknologi wireless pada masa itu diaplikasikan untuk kumputer kasir super market.

Kemudian dikembangkan lagi supaya jangkauan koneksinya lebih jauh. Hingga sekarang ini wi-fi terus mengalami penyempurnaan.

Teknologi wi-fi pada generasi sekarang dibenamkan pada sejumlah perangkat telekomunikasi seperti HP, Laptop, netbook dan game konsol. Sedangkan alat untuk memancarkan gelombang wife disebut router.

Router ini dipasang pada computer server atau juga pada telepon. Jaringan router ini memiliki kekuatan jangkauan yang berbeda.

Kelemahan wi-fi

Di balik kelebihan wi-fi jaringan komputer, ternyata menyimpan sejumlah titik lemah. Berikut ini poin kelemahan wi-fi yang masih dirasakan pengguna internet nirkable.

1. Jangkauan terbatas

Salah satu kelemahan teknologi wlan adalah jangkauan gelombang sangat terbatas. Jarak efektif mengaskses internet pada area hotspot maksmal 100 meter, diluar itu sinyal akan hilang. Selain itu jika pengakses wi-fi terlalu banyak, jaringan pasti jadi lamban.

2. Wi-fi belum bisa mendistribusikan wilayah luas seperti perkotaan. Sehingga perlu penyempurnaan lagi.

3. Peka terhadap perubahan cuaca

Gelombang wi-fi cenderung tidak stabil jika cuaca tiba-tiba berubah mendung atau hujan. Sehingga terkadang ketika hujan koneksi internet jadi lamban.

4. Mudah diterobos hacker

Selain itu jika wi-fi Anda tak diproteksi dengan password, komputer server rentan disusupi oleh hacker. Selain itu untuk tindakan preventif sebaiknya selalui perbaharui passwordnya.

Demikian sekilas tentang jaringan komputer selain kabel.

Loading...
Selanjutnya : Nama Lengkap Untuk Anak Laki-Laki Perpaduan Islam Dan Luar Negri
Sebelumnya: Memahami Kembali Pengertian Hukum Dan Hak Asasi Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar