Jelaskan Tata Cara Penulisan Laporan


Jelaskan tata cara penulisan laporan! Kalimat ini akan selalu terngiang di dalam kepala manakala kita tidak mampu menangkap pengertian dari sebuah laporan. Tidak hanya pengetian dari sebuah laporan saja yang harus dimengerti, tetapi juga mengenai bagaimana cara menyusun sebuah laporan yang baik dan benar.

Laporan adalah rangkuman dari hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh seseorang. Laporan biasanya ditulis dalam sebuah karya ilmiah atau hanya berisikan satu lembar tulisan saja. Laporan memiliki bentuk yang macam-macam.

Beberapa macam laporan tersebut bergantung pada instansi yang berkepentingan. Misalnya, laporan ilmiah, laporan perusahaan, laporan pertanggungjawaban, laporan tugas, dan masih banyak jenis laporan yang lainnya.

Dari beberapa jenis laporan tersebut didapatkan bahwa sebuah laporan bisa disusun setelah seseorang melakukan sebuah pengamatan ataupun kegiatan. Kegiatan atau pengamatan yang dilakukan oleh orang tersebutlah yang akan dibuat menjadi sebuah laporan.

Tujuan dari dibuatnya laporan tersebut adalah agar hasil pengamatan yang telah dilakukan dapat dibukukan secara tertulis. Dengan demikian, hasil kegiatan selama pengamatan tersebut bisa dipertanggunjawabkan di hadapan orang lain.

Meskipun pembuatan sebuah laporan adalah mudah dan gampang, tetapi tidak semua orang bisa menyusun sebuah laporan. Dalam menyusun sebuah laporan yang diperlukan adalah menuliskan semua hal yang dilakukan secara detil.

Tentu saja hal yang dituliskan haruslah sesuai dengan kegiatan yang telah dilakukan dan tidak melenceng dari kegiatan. Contoh sederhana adalah ketika kita melakukan penelitian mengenai enceng gondok, maka dalam laporan yang ditulis adalah mengenai kegiatan yang berkaitan dengan enceng gondok.

Meskipun di sela kegiatan penelitian tersebut kita harus berenang terlebih dahulu dan tidak ada kaitannya dengan kegiatan penelitian, maka hal tersebut tidaklah dicantumkan dalam laporan. Jadi, kegiatan seperti berenang mendapatkan enceng gondok tidak masuk ke dalam laporan penelitian karena menyimpang dari kegiatan penelitian atau bisa dikatakan di luar kegiatan penelitian tersebut.

Hal yang terpenting dalam penulisan laporan adalah menuliskan apa adanya dan dituliskan secara detil. Jadi, jika ada orang yang bertanya tentang jelaskan tata cara penulisan laporan!  Maka, jawabannya adalah seperti yang diuraikan tersebut. Semoga informasinya bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya : Filter Udara Variasi untuk Vario
Sebelumnya: Perkembangan Agama Islam Benua Eropa Saat Ini
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar