Empat Jenderal yang Terkuat Sepanjang Masa

Dalam sejarah, terdapat banyak jenderal yang terkuat pada masanya. Jenderal yang dimaksud adalah pemimpin perang yang berhasil membawa pasukannya menaklukan lawan. Jenderal tersebut merupakan pemimpin bagi rakyatnya. Selain itu, mereka juga ditakuti dan disegani karena kekuatan dan kewibawaannya. Berikut jenderal yang terkenal paling kuat sepanjang masa.

Nabi Muhammad saw

Loading...

Nabi Muhammad saw. merupakan tokoh panutan umat muslim di seluruh dunia. Tokoh yang paling berpengaruh di dunia versi Micahel Hart. Pada tahun ke delapan hijriyah, Nabi Muhammad membawa pasukan muslim sebanyak sepuluh ribu orang dari Madinah menuju Mekah.

Karena kekuatannya, Mekah dapat ditaklukkan secara damai. Nabi Muhammad merupakan pemimpin yang adil dan berwibawa. Beliau menegakkan hukum dan undang-undang pada seluruh pemeluk agama. Beliau juga berhasil memutuskan tradisi sesat kaum jahiliyah yang menyembah berhala.

Jenderal Sudirman

Tokoh kebanggaan Indonesia ini lahir di Purbalingga, Jawa Tengah, 24 Januari 1916. Jenderal Sudirman adalah seorang perwira tinggi militer Indonesia yang berjasa melawan penjajahan pada masa revolusi kemerdekaan.

Satu-satunya jenderal yang menggunakan taktik gerilya ini berhasil menumpas penjajah pada Palagan Ambarawa dan Agresi Militer Belanda II, serta perang kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, jenderal yang wafat karena menderita sakit TBC ini disebut sebagai pahlawan revolusi.

Julius Caesar

Gaius Julius Caesar adalah seorang pemimpin militer Romawi yang terkenal. Hidup pada tahun 100 SM hingga 44 SM, Julius Caesar berhasil memperluas wilayah Romawi hingga Oceanus Atlanticus. Dalam catatan sejarah, ia berhasil menginvasi Britania hingga akhirnya penjadi penguasa Romawi.

Julius Caesar meninggal akibat ditusuk oleh para senator Romawi yang tidak menyukai gaya kepemimpinannya. Salah satu orang yang menusuknya adalah Marcus Junius Brutus. Akibat pembunuhan terhadapnya, terjadi perang saudara di Romawi yang menyebabkan runtuhnya Republik Romawi dan digantikan Kekaisaran Romawi yang dipimpin putra angkatnya, Augustus.

Richard I

Jenderal yang terkuat sepanjang masa lainnya adalah Richard I (1157-1199). Ia adalah Raja Inggris yang merebut kekuasaan dari ayahnya sendiri, Henry II. Richard juga dikenal sebagai jenderal berhati singa dan berhasil memimpin pasukan di Perang Salib serta menyerang Jerusalem yang dipimpin oleh Saladin. Ia juga berhasil merebut Siprus. Ketika meninggal, Richard I tidak memiliki anak yang menjadi pewaris takhta, sehingga tampuk kekuasaan diserahkan pada John.

Demikian empat jenderal yang terkuat sepanjang masa yang tercatat oleh sejarah. Hingga hari ini, keberanian dan kekuatannya menginspirasi banyak orang, termasuk para pemimpin.

Loading...
Selanjutnya : Beli Properti Tanpa Keluar Uang
Sebelumnya: Menu-menu Masakan Eropa untuk Sarapan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar