Jenis Bir Beralkohol


Jenis bir beralkohol? Memang ada jenis bir yang tidak mengandung alkohol? Tentu saja ada. sekarang ini banyak produk minuman yang tadinya mengandung alcohol menjadi nonalkohol. Bir-bir seperti ini memang sudah tidak mengandung alcohol meskipun diproduksi oleh perusahaan minuman alcohol sekalipun. Dalam artikel ini, penulis akan membahas bir jenis-jenis bir beralkohol.

Bir merupakan sebuah minuman yang mengandung alkohol. Minuman ini tercatat menjadi minuman beralkohol tertua. Bir dibuat dengan cara fermentasi. Bahan utama dari bir adalah barley malt, air, ragi, dan hop.

Bahan-bahan ini akan difermentasi dengan proses brewing. Jika proses brewing sudah dilalui, bir sudah siap dikonsumsi. Meskipun begitu, ada juga yang melakukan proses lain seperti karbonasi dan penuaan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan rasa dari bir tersebut.

Bir secara umum dikelompokkan menjadi beberapa macam berdasarkan jenis ragi yang dipakai dalam proses fermentasi. Namun, dalam artikel ini penulis hanya akan menginformasikan dua jenis saja.

•    Ales

Bir jenis ini difermentasi dengan suhu sekitar 15° C hingga 23° C atau 60 ° F hingga 75 ° F dengan menggunakan ragi jenis top fermentasi. Bir yang memiliki rasa yang kuat ini memerlukan waktu yang lebih singkat dalam proses fermentasinya. COntoh bir jenis ini antara lain Bir hitam, Porter, dan Pales Ale.

•    Lagers

Lagers dibuat dengan ragi jenis bottom-fermentasi. Bir ini dibuat dengan suhu sekitar 8 ° C hingga 15° C. Bir jenis ini memiliki warna yang lebih tidak pekat jika disbanding dengan jenis Ales. Rasa dari bir ini lebih renyah dengan rasa yang khas serta kadar alkohol yang lebih sedikit dibanding dengan Ales. Bir ini lebih enak jika disajikan dalam keadaan dingin. Contohnya, American Pilsen, Block, dan Pilsner.

Demikinlah informasi tentang jenis bir beralkohol ini. Sebenarnya ada banyak jenis bir yang ada di dunia. Perbedaan jenis-jenis bir ini terletak pada gaya pembuatan, penyajian, dan rasanya. Semoga menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Desain Kamar Tidur Utama
Sebelumnya: Makalah Peranan Pemerintah Dalam Sistem Ekonomi Syariah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar