Jenis Burung Murai Batu yang Paling Bagus


Anda tentu tahu burung murai batu. Jenis burung yang sangat banyak digemar ini memang adalah jenis burung kicau yang memiliki suara merdu dan sering sering diperlombakan. Burung murai batu ini dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Namun, tahukah Anda jenis burung murai batu yang paling bagus?

Murai Batu

Dalam artikel ini penulis akan membahas beberapa jenis burung murai batu yang bagus dan paling banyak digemari di kalangan pecinta burung kicau. Tak heran jika burung ini memiliki nilai jual yang tinggi sehingga banyak diternakkan. Berikut ini beberapa jenis burung murai batu yang dimaksud.

• Murai Batu Medan

Murai batu Medan merupakan burung murai batu yang paling banyak digemari para pecinta burung kicau. Burung murai batu Medan ini memiliki cirri khas yaitu ekornya yang menjuntai panjang.

• Murai Batu Kalimantan

Murai batu Kalimantan memiliki ekor yang lebih pendek dari murai batu Medan dan memiliki bulu hitam yang rata mulai dari kepala hingga dadanya. Burung juga selalu menggelembungkan bulu di dadanya saat berkicau.

• Murai Batu Lampung

Burung murai batu Lampung memiliki ukuran tubuh yang agak kecil dengan  panjang ekor yang lebih panjang dari murai batu kalimantan dengan warna putih yang ada pada ekor utamanya. Burung murai batu Lampung yang memiliki ekor yang panjang sering juga disebut dengan Lampung super.

Burung murai batu Lampung ini selain memiliki suara yang merdu dengan volume kicau yang panjang juga memiliki bulu dengan warna yang menarik. Hal inilah yang membutnya sering diikutsertakan dalam perlombaan.

• Murai Batu Nias

Bentuk dari murai batu Nias ini hampir sama dengan murai batu Lampung. Hanya saja, pada murai batu Nias ini tidak terdapat warna putih pada bulu ekornya. Burung murai batu Nias ini memiliki suara yang sangat kencang sehingga banyak dicari oleh para pecinta burung kicau.

Demikianlah informasi tentang jenis burung murai batu yang paling bagus dan digemari pecinta burung kicau. Semoga informasi ini bermanfaat, terutama bagi Anda pecinta burung dengan kicau yang merdu.

Selanjutnya : Cara Membuat Kandang Kelinci yang Baik dan Benar
Sebelumnya: Penyakit-Penyakit dan Gejalanya yang Mematikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar