Mengenal Berbagai Jenis Burung Nuri


Anda suka memelihara burung? Jenis burung apa yang Anda jadikan peliharaan Anda? Apakah burung Nuri? Jika ya, pasti tahu apa saja jenis burung Nuri, bukan? Sama seperti kebanyakan jenis hewan lain, burung Nuri juga dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis tersebut biasanya berkenaan dengan ciri khas dari burung Nuri itu sendiri.

Macam-macam Burung Nuri

1. Nuri Bayan

Jenis dari burung Nuri yang pertama bisa Anda temukan adalah jenis Bayan. Ukuran burung ini cukup besar, yaitu 43 cm. Warna bulu antara Nuri Bayan jantan dan betina memiliki perbedaaan.

Bayan jantan bulunya berwarna hijau, warna biru serta merah ada di bagian sisi sayap, untuk di bagian kaki, bulu Nuri Bayan jantan berwarna hitam. Sementara Bayan betina berbulu merah, biru agak keunguan di bagian dada serta punggungnya dan paruhnya yang berwarna hitam. Ukuran Nuri Bayan betina cenderung lebih kecil dibanding Bayan jantan.

Nuri Bayan hidup di wilayah Indonesia bagian timur. Tepatnya di Irian, Maluku dan daerah yang termasuk Kepulauan Sunda Kecil seperti Bali dan sekitarnya. Selain itu, Nuri Bayan juga bisa ditemui di Negara Australia.

2. Nuri Jenis Raja-Ambon

Sama seperti Nuri Bayan, burung Nuri jenis ini pun banyak tinggal di kawasan timur Indonesia, seperti Maluku dan Papua bagian Barat. Untuk jenis Nuri ini, antara kelamin jantan dan betina tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Bentuknya cenderung sama, warna bulunya juga.

Warna yang paling banyak ada di sekitar tubuh mereka adalah merah, punggung berwarna biru dan sayap berwarna hijau. Ukurannya lebih kecil beberapa centimeter dari Nuri Bayan, yakni 35 cm.

3. Nuri Jenis Sayap Hitam

Satu lagi burung Nuri yang memperkaya khasanah binatang unggas berbulu dan berparuh cantik, Nuri Sayap Hitam. Di antara dua jenis Nuri lainnya, Nuri jenis ini adalah Nuri dengan ukuran terkecil. Hanya sekitar 30 cm. Warna bulunya tidak berbeda jauh dengan dua Nuri lain. Dominan merah dan hitam. Sama juga seperti burung Nuri jenis lain, Nuri Sayap Hitam hidup di bagian timur Indonesia.

Jenis burung Nuri memang menawarkan keindahannya masing-masing. Spesies tersebut faktanya tetap menarik minat banyak orang, meskipun harga yang mungkin tidak bisa dikatakan murah. Tertarik? Jenis Nuri apa yang kira-kira menarik perhatian Anda?

Selanjutnya : Biografi Purwacaraka
Sebelumnya: Mencermati Bagan untuk Keturunan Tyndareus
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar