Jenis dan Ukuran Pesawat Udara serta Landasannya


Anda tentu tahu apa itu pesawat udara. Pesawat ini sering digunakan untuk berbagai keperluan sarana transportasi udara seperti angkutan komersil, kegiatan survey pemetaan, dan sebagainya. Pesawat udara ini banyak macamnya. Ada yang dikelompokkan berdasarkan kegunaan, ada yang dikelompokkan berdasarkan ukuran, dan sebagainya. Dalam artikel ini, penulis akan membahas jenis dan ukuran pesawat udara serta landasannya.

Pesawat udara sendiri secara umum bisa dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu pesawat terbang, helicopter, dan balon udara. Mari kita bahas satu per satu.

•    Helicopter

Anda tentu pernah melihat helicopter. Pesawat udara ini memiliki baling-baling di atasnya sebagai lata untuk mengangkat helicopter. Baling-baling ini disebut rotor atau rotary wing. Ukuran helicopter ini bermacam-macam. Namun, sebesar-besarnya helicopter tidak akan lebih besar dari pesawat terbang.  Helicopter ini hanya dapat menampukng sekitar empat hingga lima orang termasuk pilot. Landasan dari helicopter ini disebut dengan helipad. Uniknya, helipad ini bisa ditempatkan dimana saja yang memiliki areal cukup untuk helicopter, misalnya lapangan atau gedung.

•    Pesawat Terbang

Pesawat terbang adalah pesawat yang memiliki ukuran lebih besar dari helicopter dan memiliki sayap yang disebut fixed wing. Pesawat terbang dapat terbang dnegan tenaga sendiri, tanpa adanya bantuan lain seperti halnya pada helicopter. Pesawat terbang ini kni menjadi moda transportasi yang popular dan banyak digunakan untuk menempuh perjalanan dengan jarak menengah dan jarak panjang. Pesawat terbang memiliki ukuran yang sangat besar dengan kapasitas hingga ratusan orang. Landasan yang digunakan oleh pesawat ini adalah landasan terbang yang sangat luas seperti di bandara-bandara.

•    Balon Udara

Balon udara ini merupakan teknologi penerbangan yang pertama kali dilakukan manusia. Balon udara memanfaatkan panas sebagai sarana untuk menerbangkannya. Di beberapa Negara di luar negeri balon udara ini masih banyak dilakukan, namun bukan sebagai sarana transportasi tapi sebagai hiburan saja. Ukuran balon udara ini cukup besar dengan kapasitas hingga delapan orang. Landasannya sendiri bisa dimana saja yang penting aman untuk mendarat.

Demikianlah informasi tentang jenis dan ukuran pesawat udara serta landasannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Selanjutnya : Pembahasan Konflik Ambalat
Sebelumnya: Penyebab Telat Menstruasi pada Remaja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar