Jenis Hewan Darat Yang Dilindungi Di Indonesia Barat


Jenis hewan darat yang dilindungi di Indonesia Barat jumlahnya sangat banyak. Hewan ini adalah hewan yang termasuk dalam kategori hewan yang akan memiliki potensi kepunahan jika tidak dijaga keberadaannya. Maka dari itu, jenis hewan ini harus dijaga dan dipelihara agar memang tidak sampai pada batas kepunahan spesiesnya.

Ada beberapa jenis hewan yang dilindungi yang berada di wilayah Indonesia bagian barat yaitu yang berada di pulau Sumatera, Pulau Jawa dan juga Pulau kalimantan. Berikut ini adalah beberapa dari jenis hewan darat yang dilindungi tersebut.

1. Orang utan. Nama lain dari orang utan adalah mawas, merupakan mamalia satu jenis dengan kera besar yang memiliki lengan yang panjang dengan bulu berwarna kemerahan atau cokelat. Kita dapat menemukan orang utan ini di wilayah Kalimantan dan Sumatera.

Kebanyakan dari orang utan hidup di pepohonan yang lebat dan berada di hutan. Jumlahnya dari hari ke hari selalu mengalami penurunan maka dari itu, orang utan dimasukan ke dalam kategori hewan yang dilindungi.

2. Harimau Sumatera. Harimau sumatera adalah salah satu dari lima spesies harimau yang ada di dunia. Dan ia termasuk dari jenis harimau yang harus dilindungi agar tidak sampai punah seperti dua spesies harimau lain yang telah punah yaitu harimau Bali dan harimau Jawa.

3. Badak jawa atau badak bercula satu. Hewan yang satu ini juga merupakan hewan yang langka dan juga khas dengan keberadaan dari cula yang dimilikinya hanya satu buah. Saat ini, keberadaan dari badak bercula satu ini dilindungi di taman Nasional ujung Kulan di pulau Jawa.

4.  Badak Sumatera. Badak Sumatera adalah salah stau spesies dari badak yang dilindungi. Badak Sumatera termasuk ke dalam jenis badak yang memiliki ukuran tubuh yang kecil. Badak Sumatera ini dapat bertahan dari kepunahan selain dari badak jawa, badak di india, badak hitam dan badak putih di afrika.

Itulah beberapa jenis hewan darat yang dilindungi di Indonesia Barat. Kitapun memiliki kewajiban untuk menjaga kelestarian dari hewan tersebut.

Selanjutnya : Pengertian Data Primer dalam Metode Ilmiah
Sebelumnya: Pengertian Status Gizi dalam Dunia Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar