Jenis Hewan Vertebrata Yang Mamalia


Hewan di dunia ini dapat dibagi menjadi dua kategori besar berdasarkan keberadaan tulang belakang, yakni hewan bertulang belakang atau vertebrata dan hewan tanpa tulang belakang atau invertebrata. Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai jenis hewan vertebrata dan mamalia yang juga termasuk dalam vertebrata.

Jenis hewan vertebrata yang mamalia ini cukup banyak dan dapat kita temui di lingkungan sekitar kita. Secara umum, hewan vertebrata atau bertulang belakang ini dibagi menjadi lima golongan besar, yakni pisces atau golongan ikan, ades atau golongan unggas, amphibia atau golongan amfibi, reptilia atau golongan reptil, dan yang terakhir adalah golongan mamalia atau hewan yang menyusui.

Ciri-ciri umum hewan vertebrata adalah mempunyai tulang belakang, memiliki jantung yang terdiri atas 2, 3, atau 4 ruang, serta memiliki otak yang berkembang dengan baik dan sempurna. Penasaran dengan klasifikasi hewan vertebrata? Oke, berikut ulasannya.

Jenis Hewan Vertebrata

Jenis hewan vertebrata yang mamalia adalah klasifikasi hewan yang memiliki kelenjar susu atau menyusui anaknya. Jenis mamalia inilah hewan vertebrata yang memiliki otak yang berkembang paling sempurna, bernapas menggunakan paru-paru, kulit ditumbuhi rambut, dan biasanya berdarah panas. Mamalia sendiri terdiri atas beberapa bagian atau ordo, antara lain mamalia berkantung, mamalia bertelur, mamalia bersayap, mamalia pengerat, mamalia air, dan banyak lagi jenisnya.

Sedangkan pisces adalah hewan vertebrata berupa golongan ikan yang bernapas menggunakan insang, bergerak menggunakan sirip, jantung terdiri atas dua ruang, dan habitatnya di air tawar atau di air laut.

Ikan sendiri dibagi menjadi dua kategori besar, yakni ikan bertulang sejati dan ikan bertulang rawan. Sedangkan amphibia atau hewan amfibi adalah hewan yang memiliki darah dingin dengan kulit yang selalu basah atau licin, dan mengalami metamorfosis.

Berbeda dengan jenis hewan vertebrata yang mamalia atau ikan, reptilia atau hewan reptil bergerak dengan cara melata dan bernapas dengan paru-paru. Reptilia biasanya memiliki jantung dengan 4 ruang.

Sedangkan hewan vertebrata dari golongan ades atau unggas biasanya memiliki tubuh yang ditutupi bulu, tak memiliki gigi, dan memiliki mulut berbentuk paruh. Aves atau unggas ini biasanya memiliki jantung dengan 4 ruang dan berkembang biak dengan cara bertelur.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai jenis hewan vertebrata. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Tujuan Tidur Untuk Konsentrasi Belajar
Sebelumnya: Desainer Gaun Pengantin 2013
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar