Jenis Hewan yang Terdapat di Sekitar Pantai Pangandaran

Belum lengkap rasanya ke Jawa Barat bila belum mengunjungi keindahan pantai berpasir putih Pangandaran. Belum komplit pula rasanya bila ketika sudah berada di pantai itu tapi tidak menyaksikan berbagai jenis hewan yang terdapat di sekitar pantai Pangandaran. Padahal, pantai dengan deburan ombak yang tenang ini menyediakan cagar alam yang letaknya tak jauh dari lokasi pantai.

Sehingga para wisatawan tak hanya sekdar bisa menyaksikan hewan-hewan laut khas pantai seperti kepiting, umang-umang, dan kerang-kerang saja. Sebab, di wilayah sekitar pantai menyajikan pemandangan satwa yang lucu, unik, dan tentunya menghibur siapa saja yang singgah ke Pangandaran. 

Cagar alam Pananjung atau yang lebh populer dengan sebutan kawasan wisata alam. Sesuai namanya, kawasan wisata ini memnag ditujukan untuk menyajikan koleksi satwa dan tumbuhan yang ada di sekitar pantai. Kawasan ini ditumbuhi pepohonan seperti halnya hutan sekunder. Di beberapa bagian hutan paling sering dijumpai pepohonan jenis Ketapang dan Buntun. Di dalam hutan sekunder inilah berbagai satwa yang mengundang daya tarik wisatawan.

Sebut saja hewan-hewan yang terdapat di sekitar lokasi wisata tersebut adalah rusa, monyet ekor panjang, banteng, lutung, kalong, berbagai jenis ular, kadal, biawak, berbagai jenis burung, dan landak. Jika wisatawan beruntung, di saat-saat tertentu wisatawan bisa berinteraksi langgsung dengan mereka. Misalnya berfoto bersama ular, rusa, dan lain-lain.

Selain hewan, para wisatawan akan disuguhkan berbagai pemandangan alam berupa gua alami dan gua buatan. Gua alami merupakan gua yang telah terbentuk karena proses alam dan dijadikan tempat persembunyian pada masa pemerintahan Jepang. Sedangkan gua buatan adalah gua yang terbentuk karena ciptaan tangan manusia.

Di dalam gua-gua alami tersebut, wisatwan akan dengan mudah melihat kalong atau kelelawar bergenlantungan pada siang hari. Bila tidak hati-hati atau terlalu ribut, kawanan kalong bisa saja melakukan serangan karena merasa terusik. Beberapa gua-gua tersebut dinamakan dengan Gua Parat, Gua Sumur Mudal, Gua Lanang, dan Gua Panggung.

Itulah ragam jenis hewan yang terdapat di sekitar pantai Pangandaran. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Mengetahui Langkah-langkah Membuka Facebook Orang Lain
Sebelumnya: Kisah Sabda Nabi Muhammad SAW tentang Makanan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar