Jenis Ikan Air Tawar untuk Ikan Konsumsi dan Ikan Hias


Jenis ikan air tawar di Indonesia sangatlah banyak. Ikan air tawar tersebut dimanfaatkan untuk kebutuhan lauk bagi konsumsi masyarakat. Ikan air tawar merupakan jenis ikan yang hidupnya di air tawar. Air tawar tersebut memiliki tingkat kadar garam yang rendah, bahkan tidak mengandung garam. Ikan air tawar dapat hidup, tumbuh, dan berkembang jika berada di lingkungan air tanpa garam, tetapi dapat mati jika dimasukkan dalam  air yang mengandung garam.

Ikan Air Tawar dan Jenisnya

Dalam kehidupan, ada dua jenis ikan air tawar, yaitu ikan air tawar untuk konsumsi dan ikan air tawar untuk hiasan. Ikan air tawar konsumsi dipelihara untuk diambil dagingnya sebagai lauk pauk. Sedangkan, ikan air tawar hias adalah kelompok ikan yang hanya bisa dipelihara untuk memenuhi kebutuhan refreshing atau rekreasi kita. Untuk hal tersebut, kita perlu memahami ikan untuk konsumsi dan ikan hias.

Memang, kedua jenis ikan ini tidak ada perbedaannya, jika harus dijadikan konsumsi ataupun hiasan. Namun, jika memperhatikan kondisi fisiknya, maka kita dapat mengetahui bahwa jenis ikan tersebut dapat dikonsumsi atau tidak.

Ikan yang dikonsumsi untuk lauk pauk merupakan ikan air tawar yang pada umumnya mempunyai kondisi fisik yang kurang menarik. Ikan tersebut tidak menarik jika diperhatikan dari sisi keindahan.  Hal tersebut akan berbeda dengan ikan air tawar yang dikelompokkan ke dalam ikan hias. Kondisi fisik ikan begitu indah dipandang, misalnya dari warna tubuhnya ataupun bentuk fisiknya.  Oleh karena itu, ikan tersebut termasuk ke dalam kelompok ikan hias.

Kita perlu memperlakukan ikan hias air tawar jauh lebih baik dibandingkan terhadap ikan konsumsi. Ikan air tawar yang digunakan untuk konsumsi diperlakukan secara biasa, tetapi untuk ikan hias kita berlakukan dengan istimewa. Oleh karena itu, tempat pemeliharaannya juga berbeda.

Pada umumnya, ikan air tawar yang digunakan sebagai konsumsi dapat diperlihara di kolam atau di keramba atau bahkan di sungai. Ikan tersebut diperlakukan sedemikian rupa sehingga begitu benih didederkan, maka selanjutnya perlakuannya hanya sebatas hal yang wajar. Ikan-ikan diberi makan sepanjang batas usia panen.

Berbeda dengan ikan air tawar yang dikelompokkan pada ikan hias. Ikan-ikan tersebut dipelihara di kolam khusus yang mendapatkan perlakuan khusus pula, misalnya adanya suplai oksigen secara intens dan juga jenis makanan yang istimewa.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis ikan air tawar. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca.

Selanjutnya : Tugas Akhir Perbankan Dilengkapi Abstrak
Sebelumnya: Obat Alami Memperbesar Alat Vital Pria
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar