Jenis Iklim Fauna Indonesia

Indonesia terkenal akan kekayaan alamnya. Luasnya wilayah diimbangi dengan keanekaragaman hayati di dalamnya. Ada jenis iklim fauna Indonesia yang khas dan berbeda dengan negara lain. Ciri ini membuat sering ditemukannya spesies langka di Indonesia.

Persebaran hewan di Indonesia sangat dipengaruhi oleh cuaca, iklim, dan kondisi geografis. Kondisi ini membuat kondisi tumbuhan dan hewan berbeda antara satu daerah dengan daerah lain.

Loading...

Secara keseluruhan hewan di Indonesia sangat terpengaruh dengan hewan dari Asia dan Australia. Pembagian fauna di Indonesia sendiri sangat terpengaruh oleh hal ini. Pembagian persebaran fauna di Indonesia adalah:

Hewan Tipe Asiatis

Hewan dengan tipe ini terletak di Indonesia bagian barat, tepatnya di pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Hewan yang ada di wilayah ini sama dengan hewan yang ada di benua Asia. Beberapa hewan itu adalah gajah, badak, harimau, banteng, kerbau, orang utan, babi hutan, macan tutul, macan kumbang, dan kijang.

Selain itu ada hewan reptil seperti buaya, biawak, kura-kura, ular, dan bunglon yang juga berada di benua Asia. Jenis unggas yang ada di wilayah ini adalah elang, jalak, ayam hutan, burung hantu, merak, dan kutilang. Sedangkan ikan yang ada adalah mujair, pesut, arwana, dan lumba-lumba.

Hewan Tipe Asia-Australis

Fauna jenis ini berada di Indonesia bagian tengah. Wilayah yang termasuk di dalamnya adalah Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Maluku. Beberapa jenis hewan yang dijumpai adalah perpaduan antara hewan dari Asia dan Australia. Hewan itu adalah anoa, kuda, katak pohon, komodo, tapir, ikan duyung, babi rusa, rangkomg, kakatua, dan raja udang.

Hewan Tipe Australis

Fauna jenis ini berada di Indonesia bagian Timur, tepatnya di Papua dan pulau sekitarnya. Hewan yang ada di daerah ini identik dengan hewan dari Australia. Contoh hewan itu adalah kanguru pohon, kuskus, koala, walabi, landak, beo, nuri, cendrawasih, dan kasuari.

Ciri ini menggambarkan keunikan Indonesia yang berbeda dengan negara lain. Corak dan keanekaragaman ini harus dilestarikan.

Dengan mengetahui fakta jenis iklim fauna indonesia, maka kita bisa lebih berbangga dengan negara kita sendiri. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Mengenali Bahan Sepatu Futsal Imitasi
Sebelumnya: Kebijakan Toleransi Keterlambatan Dalam Perusahaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar