Mengenal Nama Jenis Jamur pada Makanan


Setiap makanan yang telah melewati batas waktu pengonsumsian pasti akan timbul jamur. Begitu juga bila makanan yang tidak dikemas dengan baik atau tidak disimpan dalam suhu ruang yang sesuai.  Alhasil,  jenis jamur pada makanan akan membuat makanan tersebut menjadi bahaya untuk dikonsumsi.

Jenis jamur yang sering menempel pada makanan basi atau makanan busuk tentunya berbeda dengan jamur yang biasa diolah menjadi makanan. Umumnya, jamur pada makanan basi dan busuk tidak memiliki kandungan gizi sama sekali. Sehingga apabila tetap dikonsumsi justru akan menimbulkan dampak buruk pada tubuh. Seperti keracunan, mual, diare berat, jantung berdebar, hingga kejang-kejang.

Lantas, apa saja nama jenis jamur yang ada pada makanan? Berikut uraian singkatnya:

Jamur pada Nasi

Nasi yang dibiarkan berhari-hari lama kelamaan akan basi dan berubah warna (dari warna putih bersih berangsur-angsur berubah menguning, hijau muda, kebiruan, hingga menghitam). Aromanya pun menyengat hidung. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Sebab, ada jamur yang diberi nama Rhizopus Oligosporus. Jamur ini berasal dari filum Zygomicota. Secara kasat mata, jamur ini bisa terlihat pada nasi yang telah dibiarkan berhari-hari. Bentuknya licin dan bila diraba akan terasa seperti serat-serat rambut. Untuk beberapa makanan tertentu, peran jamur dari filum Zygomicota sangat diperlukan untuk proses fermentasi, seperti tempe.

Jamur pada Roti

Sama seperti nasi, bila roti dibiarkan berhari-hari maka warna roti akan berubah menjadi hijau atau kebiru-biruan. Raginya pun akan tercium lebih menyengat dari biasanya. Hal tersebut disebabkan karena peran jamur Rhizopus Stolonifer. Jenis jamur ini pun masih satu filum dengan Zygomicota. Dari teksturnya, jamur ini sama seperti jamur yang ada pada nasi basi.

Jamur pada Kulit Jeruk

Pernah lihat bagian dalam kulit jeruk berbintik-bintik hitam? Jika pernah, maka itu adalah jamur yang menyerang kulit jeruk. Namanya Penicillum Digilattum. Semakin lama, bintik tersebut akan meluas hingga warna kulit jeruk berubah menjadi biru kehitam-hitaman.

Jamur pada Bonggol Jagung

Sangat mudah melihat jamur pada bonggol jagung. Warna jamurnya putih dan tumbuh bergerombol-gerombol. Nama jamurnya adalah Physarum Polychephalum.

Demikian uraian singkat mengenai nama jenis jamur pada makanan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Ide Dekorasi Kamar Tidur Kost Minimalis
Sebelumnya: Kreasi Jus Wortel
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar