Jenis-Jenis Anggrek Dari Jawa Tengah dan Perawatannya

Semula tanaman anggrek adalah tanaman benalau yang hanya menumpang hidup pada tumbuhan lain. Oleh karena itu anggrek banyak sekali ditemukan di hutan-hutan atau semak-semak belukar di Indonesia. Bahkan di beberapa tempat tertentu memiliki jenis anggrek tersendirinya.

Misalnya, jenis-jenis anggrek di Kalimantan akan berbeda dengan jenis-jenis anggrek di Jawa Tengah. Jika di rimba Kalimantan kita bisa menemukan populasi anggrek hutan, di Jawa Tengah kita justru akan menemukan jenis anggrek paphiopedilum glaucophyllum atau banyak yang menyebutnya sebagai Anggrek Kantong Semar. Sedangkan jenis anggrek paphiopedillum glaucophyllum sendiri di Amerika disebut dengan nama Lady Slipper. 

Loading...

Sama seperti anggrek hitam, anggrek paphiopedillum glaucophyllum pun tidak kalah indah. Anggrek jenis ini pun sangat mudah dibudidayakan. Apabila dirawat dengan cara yang benar maka bunganya akan bertahan lama di pohon (mampu bertahan hingga 3 bulan tanpa rontok atau gugur).

Umumnya, anggrek yang memiliki ciri khas kantong berwarna halus ini tumbuh di kawasan-kawasan hutan yang lembab. Apalagi bila terdapat semak daun-daun membusuk, maka semakin banyaklah anggrek jenis paphiopedillum glaucophyllum ini ditemukan. Sebagian besar anggrek jenis ini berwana kehijauan dan kuning kecoklatan. Tapi ada pula paphiopedillum yang berwarna ung kemerahan dan putih.

Selain ciri khas yang terletak pada kantongnya, paphiopedillum glaucophyllum ini juga memiliki ciri khas lain yaitu gurat-gurat warna ungu atau bintik-bintik coklat pada bagian kelopaknya. Sehingga bila disandingkan dengan anggrek-anggrek jenis lainnya, paphiopedillum glaucophyllum memang tampak berbeda.

Untuk perawatan anggrek jenis ini sebenarnya tidaklah sulit. Hanya saja paphiopedillum glaucophyllum ini tidak terlalu menyukai sinar matahari. Paling-paling hanya membutuhkan paparan sinar matahari pagi saja.

Selain itu, paphiopedillum glaucophyllum ini adalah tanaman yang paling suka air. Itu sebabnya, ia suka tumbuh di daerah-daerah lembab dan dingin. Bila Anda menanam bunga ini di rumah, usahakan agar anggrek berada di ruangan tertutup atau yang tidak terlalu terbuka. Perhatikan kelancaran sirkulasi udara di ruangan juga. Bila sirkulasi udara kurang baik, bisa menyalakan kipas angin sekitar 3-4 jam sekali dengan interval waktu yang diatur sedemikian rupa.

Demikian informasi mengenai jenis anggrek dari Jawa Tengah, beserta cara perawatannya.

Loading...
Selanjutnya : Program Rehabilitasi Sakit Stroke
Sebelumnya: Membuat Lebih Cepat Internet Lewat Proxi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar