Jenis-Jenis Bakteri yang Merugikan Manusia


Dalam kehidupan terdapat bakteri-bakteri yang merugikan manusia dan juga yang menguntungkan kehidupan manusia. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis bakteri yang dapat merugikan manusia, yaitu bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Berikut penjelasannya.

Bakteri yang dapat merugikan manusia bisa dilihat dari jenis, cara penyebaran, penyakit yang disebabkan, dan cara penanganan atau pengobatan. Pada dasarnya bakteri yang merugikan, jika masuk ke dalam tubuh manusia bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, tergantung jenis bakterinya.

Umumnya bakteri hidup pada lingkungan dan tempat yang tidak terjaga kebersihannya atau bisa juga disebabkan karena kebiasaan dan gaya hidup yang buruk, misalnya mengonsumsi makanan yang kurang higienis atau tidak mencuci tangan. Ada pula jenis bakteri yang masuk ke dalam luka dan menyebabkan infeksi. Bakteri yang bisa menimbulkan penyakit disebut juga bakteri patogen. Bakteri-bakteri yang bisa menyebabkan penyakit, yaitu sebagai berikut.

1.    Bakteri Haemophilus Influenza, bakteri penyebab penyakit influenza.
2.    Bakteri Vibrio Cholerae, penyebab penyakit kolera.
3.    Bakteri Salmonella typhosa, penyebab penyakit tifus.
4.    Bakteri Diplococcis pneumonia, penyebab penyakit radang paru-paru.
5.    Bakteri Treponema pallidum, penyebab penyakit Sifilis atau penyakit kelamin  Raja Singa.
6.    Bakteri Mycobacterium leprae, bakteri yang menyebabkan penyakit lepra.
7.    Bakteri Mycobacteium tuberculosis, bakteri penyebab tuberculosis (TBC).
8.    Bakteri Niseria meningitis, penyebab penyakit radang pada seraput otak.
9.    Bakteri Neiseria gogorrhoeae, bakteri yang menyebabkan penyakit kencing nanah.
10.    Bakteri Treponema perfenue, penyebab penyakit kulit seperti bisul.
11.     Bakteri Sihella dysenteriae, penyebab penyakit disentri.

Selain bisa menyebabkan penyakit, ada juga jenis bakteri yang dapat merugikan manusia yang bisa menyebabkan busuknya makanan. Makanan yang sudah terkena bakteri akan mengalami perubahan warna, bau, rasa, dan juga teksturnya. Bakteri yang bisa menyebabkan pembusukan adalah bakteri Pseudomona cocovenenans dan Clostridium botulinum.

Bakteri-bakteri akan terus mengincar manusia, selain berada di mana-mana bakteri bisa dengan cepat berkembang biak. Salah satu cara mengantisipasi dan mencegah terkena bakteri adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan terutama tempat tinggal dan menjaga kebersihan tubuh.

Sedangkan untuk mencegah makanan mengalami pembusukan adalah dengan menyimpan makanan pada tempat yang pas dan cocok sesuai dengan jenis makanannya. Semoga artikel pembahasan singkat mengenai jenis-jenis bakteri yang merugikan manusia ini, bisa menambah informasi pembaca.

Selanjutnya : Batuk pada Bayi
Sebelumnya: Daftar Yahoo Bahasa Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar