Inilah Jenis-jenis Barang yang Diekspor ke Luar Negeri


Meski Indonesia dalam kondisi perekonomian yang kurang baik, namun para pelaku usaha kecil menengah ternyata telah mampu mengekspor hasil usaha mereka ke luar negeri. Di dalam artikel ini penulis akan menjelaskan jenis-jenis barang yang diekspor ke luar negeri.

Namun sebelum penulis memaparkan jenis-jenis barang tersebut, tentu Anda ingin tahu bagaimana cara para pelaku UKM bisa memasarkan produk mereka hingga ke luar negeri? Semuanya dilakukan dengan cara mengikuti pameran UKM yang ada di Bali. Bali adalah tempat para buyer luar negeri berkumpul untuk melirik barang-barang atau produk-produk Indonesia yang bisa dipasarkan di negara mereka.
Berikut ini adalah beberapa barang-barang yang dibuat di Indonesia lalu dipasarkan di luar negeri.

1.  Furniture Reproduksi

Barang-barang mebel bergaya antik atau klasik art deco dengan kayu bekas menjadi salah satu barang hasil olahan pengrajin di Indonesia yang dipasarkan di pasar internasional. Inilah usaha Jokowi sebelum ia terjun ke dunia politik menjadi Walikota Solo dan Gubernur Jakarta.

2.  Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan yang unik juga termasuk bagian dari barang-barang yang diekspor ke luar negeri. Cukup banyak beredar di pasar internasional hasil olahan tangan para pengrajin di Indonesia.

3.  Sepeda Polygon

Sepeda mountain bike ini adalah produk Indonesia yang sudah diekspor ke Jepang, Korea, Singapura, dan Malaysia. Untuk wilayah Eropa, sepada gunung ini juga sudah menembus pasar Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Swiss, Yunani, Denmark, dan negara-negara lain. Sepeda ini diproduksi oleh PT. Insera Sena yang berada di Banduran Jawa Timur.

4.  Ban Mobil dan Motor

Ban Mobil dan Motor Archilles, Corsa, Strada diproduksi di Indonesia oleh PT. Multristrada Arah Sarana TBK yang berada di Bekasi, Jawa Barat. Ban mobil ini telah diekspor ke pasar internasional.

5.  Keramik Essenza

Keramik ini diproduksi oleh PT. Intikeramik Alamsari Industri Tbk yang berada di Tanggerang. Sejak tahun 2003, keramik ini telah diekspor ke Italia, Amerika, Singapura, dan 23 negara lainnya.

6.  Tissu Paseo

Tissu berkualitas premium ini di produksi oleh PT. Pindo Deli. Sejak tahun 1998, Tiisu Passeo ellegant ini telah diekspor ke Singapura, Fillipina, Australia, dan Belgia.

Inilah  sebagian kecil jenis-jenis barang yang diekspor ke luar negeri. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Sejarah Kota Atlantis yang Hilang
Sebelumnya: Alasan Kontroversi Miss World di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar