Jenis-Jenis Batuan Sedimen


Jenis-jenis batuan sedimen bermacam-macam. Jenis-jenis batuan umum seperti batu pasir, lempung, dan batu kapur juga masuk dalam batuan endapan. Batuan sedimen atau endapan yang meliputi 75 persen dari seluruh permukaan bumi. Karena itu, banyak sekali kita temukan batu-batuan dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Banyak juga manfaat dari batu-batuan yang bisa Anda dapatkan dari batuan tersebut.

Batu sedimen disebut juga dengan batu endapan. Batu ini merupakan salah satu dari tiga kelompok batu-batuan. Batu ini terbentuk dengan tiga cara, yakni dengan cara pelapukan dari batuan lain atau disebut dengan clastic, dengan cara pengendapan atau deposition yang disebabkan oleh aktivitas biogenic, serta karena adanya pengendapan dari larutan.

Tentang Batuan Sedimen

Batuan sedimen merupakan batuan yang terjadi akibat pengendapan materi dari hasil terjadinya erosi. Dari permukaan benua ini, sekitar 80 persen tertutup sedimen. Materi yang terjadi karena hasil erosi terdiri dari berbagai jenis partikel, yakni ada yang halus, berat, kasar, ataupun yang ringan.

Cara mengangkut batuan ini adalah dengan cara didorong atau traction, tetapi ada juga yang terbawa dengan cara melompat atau saltion. Selain itu, ada yang terbawa dengan bentuk suspensi dan ada pula yang dalam bentuk larut atau salution. Proses pembentukkan batuan sedimen bisa dilihat dari proses pengendapannya, berdasarkan dari tenaga alam yang mengangkutnya, dan tempat endapannya,

Penamaan untuk Batuan Sedimen

Batu sedimen sangat unik karena biasanya batu ini dinamai berdasarkan besar butiran yang menyusunnya. Penamaan batuan sedimen tersebut ialah batu pasir, breksi, batu lanau, konglomerat, dan juga batu lempung.

Jenis batu sedimen seperti breksi merupakan batuan yang memiliki ukuran butirannya lebih besar dari 2 mm. Bentuk butirannya pun bersudut. Batuan konglomerat merupakan batuan sedimen yang ukuran butirannya juga lebih besar dari 2 mm serta memiliki bentuk butiran bundar. Batu pasir merupakan batuan sedimen yang memiliki ukuran butir antara 2 mm hingga 1/16 mm. Batuan lanau merupakan batuan sedimen yang memiliki ukuran butiran 1/16 mm hingga 1/256 mm. Batu lempung merupakan batuan sedimen yang ukuran butiranya lebih kecil lagi yakni 1/256 mm.

Jenis-jenis batuan sedimen memang banyak dengan berbagai ciri-ciri yang dimilikinya. Itulah beberapa hal mengenai jenis batuan sedimen yang penting untuk diketahui sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda tentang batuan tersebut. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Skema Lapangan Sepak Bola dan Ukurannya
Sebelumnya: Pemikiran Filsafat Imam Ghazali
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar