Jenis-Jenis Bencana Alam Di Indonesia


Apakah Anda mengetahui jenis-jenis bencana alam di Indonesia? Siapa yang ingin kehidupannya diliputi oleh bencana? Tentu semua berharap agar bencana tidak terjadi pada dirinya. Bencana menyebabkan manusia merasa ketakutan, kesakitan, terancam, bahkan berakibat pada kematian.

Pada saat manusia hidup di sebuah Negara, seringkali bencana yang dialami tergantung pada kondisi alam di Negara tersebut. Berikut adalah jenis-jenis bencana alam di Indonesia.

Bencana alam adalah bencana yang disebabkan oleh gejala alam yang mengakibatkan ketakutan, kesakitan, mengancam nyawa orang banyak, bahkan pada kematian.

Hampir semua jenis bencana alam sulit dihindari oleh manusia. Namun masih ada usaha-usaha yang dapat manusia lakukan untuk mengantisipasinya. Jenis-jenis bencana alam adalah sebagai berikut.

Bencana Alam Meteorologi

Bencana alam ini disebabkan oleh keadaan cuaca dan iklim. Sering juga disebut sebagai hidrometeorologi dan iklimatologis, karena bencana ini dipengaruhi oleh faktor angin dan hujan. Seperti banjir, badai, banjir bandang, angin puting beliung, kekeringan, dan kebakaran alami hutan (bukan oleh manusia).

Bencana Alam Geologi

Bencana alam ini disebabkan oleh gejala bumi dan gaya endogen bumi. Seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami.

Bencana Alam Ekstra-Teritrial

Merupakan jenis bencana alam yang disebabkan oleh benda-bennda langit dan gangguannya. Terkadang juga gejala terjadi di luar angkasa tetapi menimpa atau jatuh ke bumi sehingga menimbulkan bencana yang amat fatal. Seperti jatuhnya aasteroid atau gangguan badai matahari.

Wabah  

Bencana penyakit menular yang menimpa masyarakat luas dalam suatu daerah dan menyebar melalui populasi manusia di dalam ruang lingkup yang besar, misalnya antar negara atau seluruh dunia.

Di Indonesia, jenis-jenis bencana alam di atas pernah terjadi. Secara bergantian antara daerah yang satu dengan daerah yang lain. Karena Indonesia termasuk pula daerah yang berpotensi terjadinya bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung, dan gunung meletus.

Sekitar 13%  gunung berapi dunia yang ada di Indonesia berpotensi menimbulkan bencana. Ditambah lagi dengan laporan berita Asia Pasifik bahwa daerah Asia Pasifik 4 kali lebih rentan terjadi bencana alam dari pada daerah Afrika, dan 25 kali lebih rentan dari pada daerah Amerika.

Demikianlah ulasan singkat mengenai jenis-jenis bencana alam. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Tip Menghindari Stres Merawat Anak Umur 10 Tahun
Sebelumnya: Tokoh Pemeran Kaoru Dalam Film Yui Aragaki
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar