Jenis-jenis Berita


Berita adalah informasi atau kabar tentang sesuatu yang sedang terjadi. Infromasi yang diungkapkan umumnya diberitakan lewat media baik cetak, elektronik, online maupun hanya berdasarkan dari mulut ke mulut. Berita ini sendiri memiliki jenis dan ragamnya. Jenis-jenis berita tersebut dipaparkan dan diklasifikasikan berdasarkan cara penyajiannya. Apa sajakah jenis-jenis berita tersebut? Jenis-jenis berita ada beragam. Biasanya diuraikan dalam bentuk cara penyajiannya. Dalam hal ini terdapat bebrapa bentuk, baik berita sederhana, pemberitaan pendapat, sampai berita dengan bentuk investigasi. Berikut penjelasannya.

Straight News

Berita bentuk ini biasanya berbentuk berita langsung. Isinya biasanya bersifat apa adanya. Penulisan berita ini pun umumnya tidak panjang sehingga tidak terkesan bertele-tele. Jika di korna harian, bentuk berita ini biasanya menjadi paling depan atau menjadi headlines news.
Dalam straight news ini ada dua kategori. Pertama adalah hard news. Berita ini merupakan jenis berita utama yang aktual. Kedua adalah soft news. Jenis berita ini sifatnya lebih ke pendukung berita utama.

Depth News

Berita ini sifatnya lebih mendalam dan umumnya merupakan berita yang sifatnya longlast/evergreen. Jenis berita ini dapat ditemui dalam pemmberitaan berbentuk feature yang biasanya selalu hadir baik pada koran harian, tabloid, maupun majalah bulanan.

Investigation News

Dari namanya, sudah jelas bahwa jenis berita ini termasuk ke dalam kategori berita investigasi. Berita ini umumnya merupakan pemberitaan yang lebih detail. Cara menyajikan pemberitaannya dilakukan dengan cara menyelidiki sumber-sumber yang terkait dengan topik pemberitaan. Berita jenis ini biasnya berita tentang kriminal, semisal kasus pembunuhan atau tentang komplotan pencurian. Namun ada juga bentuk berita investigasi yang menghadirkan topik lainnnya yang memerlukan penyajian dengan cara investigasi.

Interpretative News

Yang termasuk jenis-jenis berita selanjutnya adalah interpretative news. Berita ini menyajikan informasi tentang suatu fakta yang kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh peliputnya. Pengembangan tersebut bisa berupa pendapat dari peliput berdasarkan penelitiannya terhadap topik liputannya.

Opinion News

Jenis berita selanjutnya adalah bentuk berita yang berupa opini. Berita jenis ini memaparkan pendapat orang tentang suatu topik pemberitaan. Umumnya pendapat tersebut berasal dari orang yang memiliki hubungan dengan topik pemberitaan namun bisa juga dari orang lain. Misalnya pendapat tersebut berasal dari kaum akademik, pejabat, selebritas, dsb.

Demikianlah penjelasan tentang jenis-jenis berita yang umum ditemui di media. Semoga informasi ini membantu Anda yang ingin mencari tahu tentang ragam berita yang disajikan. Selain itu, artikel ini pun mudah-mudahan bisa memberikan inspirasi kepada Anda semua.

Selanjutnya : Jenis Penyakit Kulit Gatal
Sebelumnya: Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar