Jenis-Jenis Burung Asli Indonesia


Faktor Pemicu Burung Langka

Menurut penelitian para ahli biologi, pecinta alam dan pemerhati kehidupan satwa, jenis-jenis burung asli Indonesia sebagian besar terancam punah. Hal ini disebabkan karena semakin berkurangnya habitat alami bagi burung serta faktor perburuan yang kian marak karena keserakahan manusia.
Perilaku destruktif manusia demi memenuhi kebutuhan hidupnya tidak diimbangi dengan konservasi alam yang memadai, akibatnya hutan semakin musnah, kehidupan flora dan fauna di dalamnya turut punah. Pesona kicauan dan keindahan postur tubuh burung-burung tertentu menjadi sebab ia banyak diburu hanya sekedar untuk diperjualbelikan menjadi hewan piaraan.

Jenis-Jenis Burung Asli Indonesia yang Terancam Punah

Sedikitnya terdapat 1500 spesies burung yang hidup di Indonesia, sebagian besar dari spesies tersebut terancam punah. Beberapa burung asli Indonesia tersebut adalah :
1.    Jalak Bali
Burung bernama latin Leucopsar rothschildi merupakan satwa yang hanya bisa ditemukan di pulau Bali terutama di bagian barat. Deforestasi karena Bali merupakan pulau tujuan wisata yang perkembangannya cukup pesat dan perburuan terhadap burung pengkicau maskot provinsi Bali ini menjadi sebab utama kelangkaannya.
2.    Elang Flores (Spizaetus Floris)
Burung berciri khas warna putih pada bagian kepala dan garis coklat di bagian mahkota ini hanya dapat ditemukan di pulau Flores, Lombok, Sumbawa, Rinca, Satonda, Paloe dan Komodo. Populasinya saat ini sekitar dua ratus ekor saja sehingga digolongkan satwa terancam punah
3.    Celepuk Siau (Otus Siaoensis)
Merupakan salah satu burung hantu spesies Strigidae yang hanya dapat ditemui di daerah pulau Siau Sulawesi Utara.
4.    Perkici Buru (Charmosyna Toxopei)
Burung berparuh bengkok dengan warna bulu dominan hijau kuning dan mahkota berwarna biru ini hanya dapat ditemui di pulau Buru. Selain warnanya yang cantik dengan pangkal ekor berwarna merah, kicau burung ini tergolong unik dan melengking nyaring
5.    Kakaktua kecil Jambul kuning (Cacatua Sulphurea)
Burung berwarna putih berjambul kuning yang dapat ditegakkan ini tersebar di hutan-hutan primer dan sekunder di Kepulauan Sunda Kecil, Bali, Timor dan Sulawesi. Meski mampu bertelur dua hingga tiga butir dalam sekali kesempatan, keberadaan burung yang tergolong cerdas ini mulai mengalami kepunahan.
6.    Merpati Hutan Perak (Columba Argentina)
Burung berwarna abu-abu pucat bersayap hitam ini hidup menyebar di kepulauan Mentawai, Kepulauan Riau, Natuna, Karimata dan Kalimantan Barat namun keberadaannya semakin langka.

Untuk melestarikan jenis-jenis burung asli Indonesia yang semakin terancam punah, sanksi hukum bagi pelaku illegal logging dan pemburu satwa langka harus dipertegas. Dan perlu dilakukan reboisasi beserta konservasi satwa dan keanekaragaman hayati di dalamnya.

Selanjutnya : Jenis Harga Motor Tiger Baru dan Second
Sebelumnya: Ciri dan Jenis-jenis Bunga Anggrek
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar