Mengenal Jenis-jenis Jamur Beracun dan Ciri-cirinya

Jamur adalah salah satu tumbuhan yang dapat dikonsumsi. Namun, tidak semua jenis jamur yang bisa serta-merta diolah menjadi bahan makanan. Ada beberapa jenis jamur beracun yang justru akan membahayakan apabila dikonsumsi baik secara mentah maupun setelah dimasak. Bahkan, bisa berakibat pada kematian. Mengerikan bukan?

Ciri-ciri Jamur Berbahaya

Loading...

Agar kita semua terhindar dari bahaya jamur beracun, maka susah seharusnya kita memiliki pengatahuan tentang ciri-ciri jamur yang mengandung zat beracun tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut.

a.  Aroma jamur yang menusuk hidung. Biasanya, jamur mentah tidak berbau sama sekali. Atau, jikapun beraroma, maka aromanya tidak terlalu kuat. Namun untuk jenis jamur beracun, bisa ditandai melalui aroma menyengit seperti bau racun pestisida.

b.  Warna jamur yang terlalu mencolok. Jamur beracun sebagian besar berwarna cerah dan bentuknya umumnya lebih cantik dibandingkan jamur yang dapat dikonsumsi. Sebagian besar jamur beracun berwarna merah pekat, hitam pekat, biru pekat, kuning, dan putih, sedangkan jamur yang dapat dikonsumsi biasanya berwarna putih kecoklatan dan coklat tua.

c.  Zat racun yang menempel pada pisau. Jika ingin mengetahui suatu jamur beracun atau tidak, maka cobalah kerat jamur tersebut menggunakan pisau. Bila jamur terasa seperti bergetah dan membuat warna pisau berubah menjadi hitam, maka sudah bisa dipastikan jamur tersebut beracun.

d.  Warna jamur yang luntur. Warna jamur beracun akan mudah sekali mengontaminasi bahan-bahan di sekitarnya. Misalnya bila digabungkan bersama nasi, maka warna nasi akan menjadi cokelat atau kehitaman.

e.  Tempat tumbuhnya jamur. Sebagian besar jamur berbahaya hidup di tempat-tempat kotor seperti saluran pembuangan air, tempat pembuangan sampah, dan kawasan-kawasan industri yang sarat zat-zat berbahaya.
Sejumlah jamur yang disinyalir berbahaya untuk dikonsumsi antara lain:

•  Amanita Muscaria. Jamur ini merupakan jamur yang paling berbahaya dan paling banyak menelan korban jiwa. Warnanya merah cerah dengan bintik-bintik putih seringkali membuat orang terkecoh dan akhirnya menyantap jamur tersebut.

•  Hydnellum Peckii. Sekilas jamur ini miripdengan anggur hitam. Racunnya bisa membuat orang yang mengonsumsinya mati dalam hitungan jam.

•  Gyromitra Esculenta. Jamur ini disebut juga jamur otak karena bentuknya memang seperti otak. Akan berbahaya jika dikonsumsi mentah. Namun bisa dimakan bila dalam kondisi matang/dimasak.

Demikian jenis-jenis jamur beracun beserta cirri-cirinya. Semoga kita terhindar dari ancaman makanan berbahaya.

Loading...
Selanjutnya : Apa Saja yang Dibawa Saat Lamaran Pernikahan?
Sebelumnya: Cara Booking Hotel yang Mudah dan Cepat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar