Jenis-jenis Kerajinan Keramik


Bicara tentang jenis-jenis kerajinan keramik, anda mungkin teringat Film Ghost yang tokoh wanitanya diperankan oleh Demi Moore dan dalam film tersebut ia berprofesi sebagai pengrajin keramik. Keramik memang merupakan bagian dari kehidupan manusia.

Jenis kerajinan keramik tradisional adalah keramik yang terbuat dari bahan alami seperti kaolin dan kuarsa. Contoh keramik tradisional yaitu: keramik rumah tangga (tile, bricks, clay) dan barang pecah-belah (gelas, piring, gerabah). Kerajinan keramik dari tanah liat saat ini masih banyak diproduksi dan masih digunakan banyak orang seperti tempayan, gentong, kendi, guci, keramik vas bunga, dan lain-lain.

Jenis kerajinan keramik modern atau keramik halus (Fine Ceramics) adalah keramik yang terbuat dari logam atau oksida logam seperti Mullit, SiC, Borida, Nitrida, H3BO3, MgO, ZrO2, dan Al203, yang diperuntukkan pada bidang medis, komponen turbin, semikonduktor, elemen pemanas, dan keperluan industri lainnya (refractory).

Seni kerajinan keramik merupakan kerajinan tangan yang memerlukan kesabaran, teknik, dan kreativitas dalam pembuatannya.. Semakin sulit pengerjaannya, maka semakin mahal pula harganya. Keramik juga berharga tinggi bila keramik tersebut sudah berusia ratusan tahun atau memiliki nilai sejarah.

Cara membuat kerajinan keramik :

–    Mengolah bahan yaitu tanah liat, pasir kwarsa, batuan, kaolin, silika, alumina dengan manual ataupun mesin.

–    Mengubah bongkahan tanah liat atau mencetak desain keramik.

–    Membentuk keramik dengan teknik cetak, teknik putar, dan dengan tangan langsung (handbuilding).

–    Mengeringkan keramik dengan diangin-anginkan, dijemur di bawah sinar matahari atau dengan menggunakan mesin pengering.

–    Membakar keramik diatas tungku dan mengglasir keramik.

Macam-Macam Kerajinan Keramik diantaranya :

1.  Gerabah yaitu keramik yang seluruh bahannya terbuat dari tanah liat bertekstur rapuh dan kasar, contohnya: bata, genteng, pot, dan anglo.

2.  Keramik Batu, yang terbuat dari bahan lempung plastis bertekstur halus dan kuat.

3.  Porselen adalah keramik bakaran suhu tinggi yang dibuat dari bahan lempung murni tahan api.

Sentra kerajinan keramik di indonesia diantaranya terdapat di Kampung Wisata Keramik Dinoyo Malang Jawa Timur yang menyuguhkan Wisata Pembuatan Keramik dimana wisatawan akan diajak praktik membuat keramik.

Sentra Kerajinan Keramik Kiaracondong merupakan pusat kerajinan keramik terbesar di Kota Bandung. Sentra Kerajinan Keramik Kasongan adalah sentra industri kerajinan keramik terbesar di Yogyakarta.

Demikian artikel mengenai jenis-jenis kerajinan keramik. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Pengertian Fraksi Dalam Ilmu Kimia Mengenai Minyak Bumi
Sebelumnya: Era Agensi Periklanan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar