Jenis-jenis Olahraga Atletik Lari


Olahraga memiliki banyak cabang, salah satu induk cabang olahraga adalah atletik. Jenis-jenis olahraga atletik antara lain: melempar, berlari, berjalan, dan melompat. Contoh tersebut merupakan salah satu gerakan dasar dan alamiah.

Atletik berasal dari bahasa Yunani yang berarti athlon yang memiliki arti perlombaan. Pertama kali atletik ini dilombakan pada 776 SM yang disebut Persatuan Atletik Seluruh Indonesia. Berikut adalah jenis jenis olahraga atletik.

1. Lari Jarak Pendek

Lari jarak pendek atau disebut sprint menempuh jarak 50 meter hingga 400 meter. Biasanya di sekolah-sekolah, sebelum olahraga melakukan pemanasan dengan cara  lari jarak pendek.

Lari jarak pendek jika digunakan untuk perlombaan, prinsipnya adalah kecepatan berlari menju garis finish. Ada beberapa tahap yang dilakukan oleh seorang sprinter sebelum berlari.

Pertama, seorang sprinter harus melakukan tahap reaksi dan dorongan. Kedua tahap percepatan, atau biasanya disebut acceleration. Ketiga tahap tansisi, atau perobohan. Keempat adalah berlari dengan kecepatan maksimum. Kelima adalah tahap mempertahankan kecepatan. Terakhir adalah menuju garis finish.

2. Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah ini menempuh jarak antara 800 meter hingga 1500 meter. Metode yang digunakan dalam lari jarak menengah ini menggunakan kaki yang menapak ball hell-ball, di mana ujung tumit menapak dan menolak pada ujung kaki, kemudian pada start posisi dalam keadaan berdiri.

3. Lari Marathon

Lari marathon mempunyai jarak tempuh yang jauh lebih panjang dari lari jarak pendek dan menengah. Lari marathon menempuh jarak 3000 meter ke atas, umumnya 5000 meter, dan 10.000 meter.

Karena jarak ini terlalu jauh, biasannya perlombaan ini dilakukan di luar lapangan/stadion. Meskipun demikian, start dan finish tetap bisa dilakukan di dalam stadion.

4. Lari Estafet

Lari estafet membutuhkan lebih dari satu orang, sebab lari estafet dilakukan dengan  membawa tongkat, dan tongkat tersebut diberikan kepada teman lain yang ada di depannya untuk diberikan kepada teman satu tim yang sudah menunggu di depannya lagi. Jarak yang sering dilakukan dalam lomba lari estafet yang digunakan adalah ukuran 4 x 100 meter atau 4 x 400 meter.

Itulah empat jenis olahraga atletik lari. Ada olahraga lain selain empat di atas, seperti lari halang rintang atau lari gawang, lari lompat galuh, lembing, tolak peluru, dan lompat jauh. Hal yang terpenting ketika berolahraga adalah melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak mengalami cedera saat berlari.

Selanjutnya : Gas Atmosfer Bumi Secara Konstan Mengalami Penipisan
Sebelumnya: Jenis-jenis Meja Rapat beserta Kapasitasnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar