Jenis-jenis Pakaian Adat di Pulau Sumatera


Indonesia terkenal dengan negara yang kaya akan keragaman sukunya. Keragaman suku melahirkan jenis-jenis pakaian adat yang berbeda. Di dalam artikel ini penulis ingin menjelaskan beragam jenis pakaian adat yang ada di pulau Sumatera.

1. Pakaian Adat Aceh

Jenis pakaian adat Aceh memiliki keunikan dengan kaya aksesoris, pernak-pernik dan penuh corak Aceh. Pakaian adat sering didengar namanya adalah:

  • Jika untuk kalangan raja dan keluarganya, pakaian adatnya disebut dengan Ulee Belang.
  • Jika untuk Cut dan para ulama Aceh, pakaian adatnya disebut dengan Ulee Baling.
  • Sedangkan untuk para cendikiawaan, pakaian adatnya disebut dengan nama patut-patut.

2. Pakaian Adat Sumatera Utara

Pakaian adat Sumatera Utara yang digunakan hingga kini adalah ulos. Ulos adalah kain tenun suku Batak. Arti ulos sendiri adalah selimut yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh dan melindunginya dari angin dan cuaca dingin.

3. Pakaian Adat Sumatera Barat

Pakaian adat Sumatera Barat dikenal ada dua jenis. Untuk yang wanita, pakaian adatnya disebut dengan nama baju kurung. Sedangkan yang untuk pria disebut dengan baju adat penghulu.

4. Pakaian Adat Riau

Pakaian adat Riau untuk laki-laki, pada bagian atasnya teluk belanga dan pada bagian bawahnya terdiri dari celana, kain samping, penutup kepala atau terkadang menggunakan songket.

Sedangkan utuk pakaian adat wanitanya, baju kurung yang dilengkapi dengan kain dan selendang yang diletakkan dibahu. Unsur islaminya cukup kental terlihat pada pakaian adat Riau.

5. Pakaian Adat Jambi

Pakaian adat Jambi sangat kental dengan adat melayu. Untuk pakaian adat pria, di bagian kepalanya terdapat lacak yang terbuat dari kain beludri yang berwarna merah dan di dalamnya terdapat kertas yang berfungsi untuk menjadikannya keras.

Sedangkan pakaian adat wanita Jambi adalah baju kerudung yang bersulam emas dengan motif bunga melati, bunga tagapo, dan pucuk rebung. Selain itu, ditambah dengan kain songket dan selendangnya yang berwarna merah.

6. Pakaian Adat Sumatera Selatan

Pakaian adat Sumatera Selatan cukup banyak, namun sekarang ini lebih banyak menggunakan pakaian adat Palembang. Untuk pakaian laki-lakinya menggunakan tanjak atau tutup kepala yang terbuat dari batik atau kain tenun.

Sedangkan busananya mengenakan kain songket atau kain tenunan Palembang. Untuk wanita menggunakan baju kebaya pendek atau kebaya landing atau kelemkari.

Itulah jenis-jenis pakaian adat yang terdapat di Pulau Sumatera. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Jenis Jenis Bakteri Beserta Penyebabnya
Sebelumnya: Dampak Jejaring Sosial di Indonesia Baik Positif dan Negatif
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar